Berita Bekasi Nomor Satu

Juknis PPDB SMA Sederajat Belum Rampung

Tengah
ILUSTRASI: Warga melintas di salah satu SMK di Kota Bekasi. Juknis PPDB 2020 tingkat SMA sederajat masih belum rampung.Dok
Tengah
ILUSTRASI: Warga melintas di salah satu SMK di Kota Bekasi. Juknis PPDB 2020 tingkat SMA sederajat masih belum rampung.Dok

Radarbekasi.id – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 tingkat SMA sederajat segera dilaksanakan. Rencananya, pendaftaran akan mulai dibuka pada Juni 2020 mendatang.

Namun, petunjuk teknis (Juknis) PPDB 2020 hingga saat ini masih belum rampung. Oleh karena itu, Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III belum dapat melakukan sosialisasi tahapan ke sekolah.

Kepala Seksi Pengawas Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Awan Suparwana menjelaskan, sampai saat ini juknis PPDB SMA sederajat belum selesai. Pasalnya, masih ada revisi peraturan gubernur dan masih menunggu ditandatangani oleh kepala dinas pendidikan Jawa Barat.

Sosialisasi tahapan PPDB ke sekolah baru akan dilakukan setelah proses itu selesai. “Tahapan PPDBnya nanti akan kita sampaikan jika juknis sudah turun, karena sekarang ini juknis juga belum ditandatangani oleh kepala dinas. Takutnya masih ada perubahan mekanisme, jadi kita belum bisa sampaikan untuk sekarang ini,” ujar Awan kepada Radar Bekasi, Selasa (5/5).

Juknis PPDB SMA sederajat masih berupa draft jadwal PPDB periode pertama dan kedua. Dalam draf tersebut disampaikan bahwa sosialisasi periode pertama akan dilakukan Mei 2020. Sementara untuk pendaftaraan PPDB baru akan dimulai 8-12 Juni 2020. Kemudian untuk periode kedua pendaftaran zonasi akan dimulai pada 25 Juni – 1 Juli 2020.

“Ini masih gambaran draf saja, untuk juknis resminya kami belum menerima,” pungkasnya.

Sementara, Kepala SMA Kopri Kota Bekasi Hery Sujiyanto menyampaikan, bahwa saat ini pihak sekolah hanya tinggal menunggu arahan dari Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III. Ia memastikan PPDB akan dilakukan secara daring. Oleh karena itu, persiapan sudah mulai dilakukan.

“Kami pihak sekolah belum benar-benar melakukan persiapan karena juknis dan mekanismenya juga belum kita terima, tapi sekarang ini kita sudah melakukan persiapan dasar seperti kepanitian dan juga alat sebagai penunjang pelaksanaan PPDB secara daring,” kata Heri. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin