Berita UtamaPendidikan

Pengenalan Lingkungan Sekolah Dilakukan Daring

Radarbekasi.id – Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi peserta didik baru akan terasa berbeda pada tahun ini. Pasalnya, dilakukan secara online (daring) guna mencegah penyebaran Covid-19.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kota Bekasi Boan, mengatakan, PLS dilakukan secara daring. Adapun tempat pelaksanaan kegiatan diadakan di rumah masing-masing peserta didik baru.

Hal ini sesuai dengan pedoman pelaksanaan PLS tingkat SMA/SMK/SLB 2020 yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Jawa Barat bernomor 422.1/9850-Set Disdik.
“Sesuai dengan surat panduan yang diberikan oleh dinas terkait, kegiatan PLS dilakukan secara daring,” ujar pria yang menjabat sebagai Kepala SMKN 3 Kota Bekasi ini.

Kegiatan pembukaan PLS dapat dilakukan secara tatap muka maupun simbolik di sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Dalam hal ini, kata Boan, terlebih dahulu mengajukan surat kepada Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 3 dan Dinas Pendidikan Kota Bekasi.

“Pada hari pertama jika diizinkan kita ingin melakukan aktivitas tatap muka kepada siswa baru, tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Namun jika tidak kita akan melakukan simbolik saja untuk pembukaan kegiatan PLS nanti,” tuturnya.

Peserta didik baru pada PLS daring akan mendapatkan materi seperti pada kegiatan tahun sebelumnya. Guna memastikan kegiatan berlangsung lancar, pihak sekolah mesti menyiapkan sarana pendukung.

“Sekolah harus siapkan sarana untuk kegiatan PLS daring,” tukasnya.

Hal senada disampaikan Ketua MKSS SMA Kota Bekasi Ekowati. Perempuan yang menjabat sebagai Kepala SMAN 2 Kota Bekasi ini mengungkapkan, sekolah harus menyiapkan sarana sebagai media dalam kegiatan PLS. Menurutnya, penyampaian materi kegiatan bisa melalui video conference atau live streaming youtube.
“Sekolah harus mempersiapkan media sebagai kegiatan PLS yang dilaksanakan secara daring,” kata Ekowati.

Pelaksana kegiatan adalah tanggung jawab kepala sekolah dengan melibatkan guru-guru serta pengawas pembina dan komite sekolah serta orang tua masing-masing peserta didik.

Kegiatan PLS diharapkan dapat menjadikan siswa mengenal lebih dekat sekolah tempat menuntut ilmu, dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru, menumbuhkan perasaan nyaman dan menyenangkan, menciptakan dan menumbuhkembangkan pertumbuhan mental anak yang baik dalam melaksanakan berbagai aktivitas di sekolah sehingga dapat berprestasi.

Selain itu, siswa diharapkan mampu memiliki keunggulan mental, keunggulan kemampuan, keunggulan motivasi serta memiliki karakter yang baik dalam hidup bermasyarakat. (dew)

PLS Daring
Waktu
Pra PLS: 11 Juli 2020
PLS: 13-17 Juli 2020, pukul 07.00 -13.00 WIB
Tempat: Rumah masing-masing peserta didik
Materi :
a. Profil Sekolah (Struktur organisasi, kurikulum dan peraturan akademik, sarpras, tatatertib siswa)
b. Sekolah Ramah Anak
c. Cara Belajar Efektif
d. Penguatan Pendidikan Karakter (Remaja Berkarakter: Religius, Sehat, Cerdas, Produktif)
e. Narkoba dan Dampaknya Bagi Kesehatan
f. Sadar Hukum
g. Budaya Hidup Bersih dan Sehat
h. Kewirausahaan
i. Pendidikan Anti Korupsi
j. Ekstra Kurikuler Sekolah

Sumber: Disdik Jabar

Related Articles

Back to top button