Berita Bekasi Nomor Satu

Paskibra Melatih Kecakapan Bersikap

Muhammad Al Hafid Pardamaian Samosir
Muhammad Al Hafid Pardamaian Samosir

Radarbekasi.id – Muhammad Al Hafid Pardamaian Samosir (16) merupakan siswa jurusan Teknologi Komputer dan Jaringan (TKJ), SMK Bina Karya Mandiri, Kota Bekasi. Remaja kelas XI itu mengungkapkan alasannya memilih jurusan yang saat ini tengah ia jalani.

“Alasan saya memilih belajar di jurusan ini karena mau mengikuti zaman yang sebagian besar kegiatan itu dilakukan dengan peran teknologi internet,” ungkapnya Radar Bekasi, Minggu (2/8).

Selain aktif mengikuti kegiatan akademik, remaja yang tinggal di daerah Duren Jaya, Bekasi Timur ini juga aktif mengikuti kegiatan ekstrakulikuler sekolah. Awalnya, Hafid-begitu ia disapa- mengikuti kegiatan pencak silat dan paskibra di sekolahnya, tapi akhirnya paskibra lah ekskul yang masih ia jalani hingga saat ini.

“Tadinya saya ikut ekskul pencak silat dan paskibra, karena kendala di pembagian waktu akhirnya pencak silat engga saya lanjut lagi,” ungkapnya.

Ia mengaku baru saat di bangku SMK dirinya mengikuti paskibra. “Waktu SMP tadinya saya aktif di pramuka, pas di SMK ini saya mau nyoba gimana paskibra. Awalnya banyak ga kenal sama teman-teman yang lain, tapi sekarang saling kenal dekat dan udah kayak keluarga sendiri,” ungkapnya.

Hafid yang pernah mendapat penghargaan sebagai Juara Danton Madya 1 pada LPBB Paskibra Garuda Muda Indonesia “Episode 4” yang digelar oleh SMK Taruna Bangsa ini mengatakan kedisiplinan dan kecakapannya dalam bersikap adalah hal yang terasah selama mengikuti paskibra.

“Manfaat yang saya dapet itu pastinya pengetahuan dan sejarah tentang paskibra, selain itu ya kedisiplinan dan cara bersikap yang baik dalam bersosial dengan orang lain,” ungkap remaja yang punya hobi sepakbola ini.

Pada tahun ajaran baru ini, Hafid juga belajar secara daring seperti peserta didik sebayanya. Hafid belajar daring menggunakan website dan aplikasi yang disediakan oleh sekolahnya. Kini, dirinya juga sudah mulai kembali aktif latihan paskibra dengan menerapkan protokol kesehatan. Latihan tersebut dilakukan dalam rangka persiapan pengibaran bendera, yang jika memungkinkan akan dilakukan oleh sekolah tempat dirinya belajar.

Remaja yang juga berperan sebagai danton ini mengatakan, dirinya memiliki cita-cita menjadi seorang tentara atau polisi. Keinginannya muncul karena ia ingin mengabdikan diri kepada negara. “Cita-cita saya mau jadi abdi negara, jadi tentara atau polisi,” pungkasnya. (mg1)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin