Pendidikan

Belajar Tak Terbatas Ruang dan Waktu

Radarbekasi.id – Rektor Universitas Bina Insani Indra Muis mengatakan kuliah daring selama pandemi Covid-19 mengajarkan mahasiswa bahwa belajar tidak terbatas dengan ruang dan waktu.

“Yang saya tangkap dari perubahan paradigma ialah, belajar tidak melihat ruang dan waktu serta beragam sumber yang tersedia secara maya,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Rabu, (5/8).

Hal itu dikatakan Indra menanggapi pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang meminta mahasiswa dapat merubah paradigma pendidikan setelah pandemi Covid-19 berakhir nanti sesuai dengan program ‘Kampus Merdeka’.

Lebih lanjut, ia menegaskan implementasi ‘Kampus Merdeka’ kelanjutan dari ‘Merdeka Belajar’ ialah mahasiswa dapat belajar mandiri sebagai penguatan pemahaman terhadap mata kuliah maupun menempuh pembelajaran di luar program studi atau di luar kampus.

“Intinya mahasiswa tidak lagi berdiam diri di kampus, habis kuliah pulang. Tapi mengimplementasikan ilmu pengetahuan mereka langsung di masyarakat melalui program-program yang terukur,” tuturnya.

Program tersebut dapat diimplementasikan pada masa pandemi ini dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Sebagai contoh sebut saja credit earning atau kuliah beberapa mata kuliah di kampus lain, pada masa pandemi dapat dilakukan dengan daring. Contoh lain dalam program mahasiswa pengajar, mahasiswa dapat mengajar masyarakat melalui fasilitas video conference dan teknologi pembelajaran digital lainnya,” ungkapnya.

Mahasiswa juga mesti memiliki bekal kreativitas, kesolehan sosial, sikap dan perilaku pembelajar serta memiliki talenta kepemimpinan untuk bisa mengambil bagian dalam program tersebut.

“Ini yang bisa dilakukan mahasiswa untuk mengubah paradigma,” katanya,
Selain itu penting bagi perguruan tinggi untuk membangun jejaring dengan pemangku kepentingan seperti sekolah dan industri sebagai tempat praktik dan belajarnya mahasiswa.

“Kampus perlu mengukur efektifitas setiap program yang dilakukan serta monitoring agar program berjalan sesuai dengan rencana,” tandasnya. (dew)

Tags
Close