Pendidikan

Mahasiswa Jangan Andalkan Peluang Pekerjaan

UNISMA
ILUSTRASI: Tampak depan kampus Universitas 45 Bekasi. Mahasiswa diminta untuk tidak mengandalkan peluang pekerjaan.Dewi Wardah

Radarbekasi.id – Mahasiswa diminta untuk tidak mengandalkan peluang pekerjaan. Justru harus mampu berkreativitas agar bisa menciptakan lapangan kerja.

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Krisnadwipayana Abdullah Sumrahadi mengatakan, setelah lulus mahasiswa tentunya menghadapi tantangan yang berat. Pemahaman komprehensif mengenai persoalan global yang kini melanda, harus menjadi bekal mahasiswa lulusan tahun ini.

“Adaptasi dan kreativitas menjadi kunci utama saat ini,” ujar Abdullah, kepada Radar Bekasi, Selasa (11/8).

Lebih lanjut dikatakannya, mahasiswa saat ini perlu melakukan penyesuaian rencana dalam memilih karir. Di tengah pandemi ini tidak semua sektor menutup peluang.

Salah satunya wirausaha yang memberikan peluang cukup memungkinkan untuk dicoba para mahasiswa lulusan tahun ini. “Memang sekilas membuka peluang usaha memberi harapan, namun perlu dicermati sektor atau unit usaha apa yang dapat dipilih agar bisa terus beroperasi di tengah pandemi saat ini,” katanya.

Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah IV Makmur Heri Santoso mengatakan, pada masa pandemi saat ini mahasiswa tidak harus mengandalkan peluang pekerjaan melainkan usaha.

“Sebenarnya mahasiswa tidak hanya harus mengandalkan peluang pekerjaan, karena banyak yang bisa dilakukan mahasiswa melalui inovasi dan kreativitas mereka. Kalo bisa mahasiswa bisa menciptakan sesuatu hal yang baru,” katanya.

APTISI saat ini sedang merencanakan riset dan pelatihan bagi mahasiswa agar mereka bisa mengembangkan kemampuan dan inovasi baru. Dengan begitu mereka tak menunggu peluang pekerjaan.

“Kita sedang merencanakan pelatihan ini untuk para mahasiswa agar mereka bisa memberikan inovasi baru dan tidak lagi menunggu peluang pekerjaan,” pungkasnya. (dew)

Related Articles

Back to top button