BekasiCikarang

Ratusan Rumah Rusak Tiap Tahun Akibat Abrasi di Muara Gembong

AMBIL AIR: Seorang anak sedang mengambil air dampak abrasi di Kampung Bungin, Desa Pantai Bakti, Muaragembong, Kabupaten Bekasi, baru-baru ini. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Abrasi di pesisir Muara Gembong telah melanda sejumlah desa selama belasan tahun. Kondisi itu mengakibatkan ribuan rumah warga rusak.

Camat Muara Gembong Lukman Hakim menyampaikan, ada empat desa di Kecamatan Muara Gembong terdampak abrasi. Yakni Desa Pantai Mekar, Desa Pantai Bahagia, Desa Pantai Bakti, dan Desa Pantai Sederhana. Namun, dampak abrasi terparah kini hanya melanda dua desa.

“Desa Pantai Sederhana dan Desa Pantai Bakti,” jelas Lukman, belum lama ini.

Abrasi, kata Lukman, sudah berlangsung selama 10 tahun lalu lebih. Dampaknya, cukup parah. “Sekitar 1.000 lebih tempat tinggal warga rusak, setiap tahunnya ada ratusan,” katanya.

Warga pun terpaksa meninggalkan kediamannya yang rusak dengan pindah ke tempat yang lebih aman. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah Kecamatan Muara Gembong dibantu perusahaan maupun kelompok masyarakat untuk mengatasi abrasi. Antara lain melakukan penanaman mangrove.

“Upaya ini cukup efektif,” tukasnya. (oke)

Tags
Close