Berita UtamaPendidikan

Simulasi Asesmen Nasional Pekan Depan

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Simulasi Skala Besar (SSB) Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD) dan Asesmen Kompetisi Minimum tingkat SMA/SMK Sederajat akan dilaksanakan mulai pekan depan, yakni  pada 16-19 November 2020. SSB ini merupakan salah satu dari sosialisasi Asesmen Nasional (AS).

Koordinator tim teknis UBKD 2020 wilayah kota dan kabupaten Bekasi Iwan menjelaskan,  pelaksanaan SSB ini akan segera diumumkan secara resmi langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Sudah disampaikan secara resmi untuk tim teknis UBKD di masing-masing jenjang SD, SMP dan SMA/SMK, tapi kalo untuk sekolah secara resminya nanti biasanya ada surat resmi dari Kemendikbud. Jadwalnya sudah ditentukan, jadi untuk waktu penyelenggaraannya dibedakan untuk tingkat SD, SMP dan juga SMA/SMK,” tuturnya.

Sementara dalam pelaksanaanya sekolah wajib menyiapkan 5 orang siswa dari kelas XI, serta perangkat komputer PC atau Laptop disertai sambungan internet.   “Untuk mekanismenya sama seperti ujian online biasa, tapi untuk lebih jelasnya kita tunggu surat resmi dari Kemendikbud,” jelasnya.

Iwan  mengaku, simulasi UBKD Asesmen Nasional (AN) ini sudah berlangsung selama 3 kali, namun operator yang menjadi peserta. Dalam simulasi yang diadakan untuk ke-4 kalinya, siswa yang akan menjadi pesertanya.

Tujuan dari pelaksanaan ini, lanjutnya, untuk mengetahui kesiapan perangkat dan juga sistem aplikasi yang dibuat oleh pihak pusat.   “Sample aja namanya simulasi yang kita ukur bukan capaian siswa, tapi persiapan teknis, aplikasi dan kesiapan perangkat di sekolah” ucapnya.

 Dalam Assesmen Nasional (AN) memiliki 3 kriteria uji, yaitu AsesmentKompetensi Minimal (AKM), Survey Karakter dan Survey Lingkungan.   “Jadi kalo ada yang tanya UBKD sama AKM itu bedanya apa, ya ini penjelasanya,”pungkasnya. (dew)

Back to top button