Pendidikan

Bulan Bahasa di MAN 1 Bekasi Tak Kalah Meriah Meskipun Virtual

MAN 1 Bekasi
FOTO BERSAMA : Sejumlah guru MAN 1 Bekasi foto bersama pada kegiatan bulan bahasa, belum lama ini.ISTIMEWA/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bekasi menghelat pagelaran bulan bahasa sejak 28 Oktober hingga 10 November kemarin. Seperti apa kegiatannya?

Bulan bahasa di MAN 1 Bekasi tahun ini terasa berbeda dengan  sebelumnya. Pada tahun ini, kegiatan bulan bahasa dilakukan secara virtual, karena belum dibolehkan kegiatan tatap muka. Kendati demikian, acara yang dibuka pada peringatan hari sumpah pemuda dan ditutup pada hari pahlawan tersebut berlangsung meriah.

“Ini sebagai ajang mengekspresikan diri siswa dalam mengembangakan talenta dan menyalurkan bakat yang dimiliki bahkan sebagai ekspresi diri untuk meneladani pahlawan dengan cara berkarya dengan ajang lomba,” kata  Kepala MAN 1 Bekasi Amal Basyari kepada Radar Bekasi, Kamis (11/11).

Amal mengungkapkan, bahasa merupakan hal penting yang harus tetap dipelajari, dimana tidak mungkin ada susunan ilmiah manakala seseorang tidak menguasai bahasa itu sendiri.  “Karena bahasa ialah hakekat dari manusia itu sendiri, maka dari itu sewajarnya kita perlu menguasai beberapa Bahasa,” tuturnya.

Sementara Ketua Pelaksana Bulan Bahsa Mantusi 2020 Yusup bachtiar menjelaskan,  kegiatan siswa dalam peringatan bulan bahasa memiliki 4 cabang bahasa yang disertakan dalam perlombaan. Yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Sunda.

Lomba yang diselengarakan untuk kategori Bahasa Indonesia yakni membaca puisi, membaca berita dan review buku. Untuk kategoti Bahasa Inggris, yakni story telling, speech dan poetry. Sedangkan untuk kategoti Bahasa Arab perlombaan membuat kaligrafi, pidato Bahasa Arab dan menyayikan lagu berbahasa Arab dan untuk kategori Bahasa Sunda yaitu lomba membuat poster, komik strip dan membuat vlog.

“Semua pesertanya adalah siswa MAN 1 Bekasi. Bahkan di puncak acara bulan bahasa dan bertepatan hari pahlawan diadakan virtual workshop motivasi menulis bersama guru,” jelasnya.

Lebih lanjut Yusup menambahkan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk membudayakan kegiatan literasi di dalam lingkungan MAN 1 Bekasi melalui perlombaan yang didasarkan minat dan bakat.

Sementara itu siswa XII MIPA 4 Salma Absarina, mengaku bangga bisa mengikuti kegiatan bulan Bahasa. Baginya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan skill dan publik speaking salah satunya dalam lomba membaca berita.   “Salma berharap  kedepannya, semoga lomba seperti ini bisa terus di gelar di MAN 1 Bekasi , dengan ruang lingkup yang lebih luas lagi dan meriah lagi,” pungkasnya. (dew)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four + twelve =

Back to top button