Pendidikan

Soal Ujian Harus Sesuai Tema

Kepala Bidang SD Disdik, Kota Bekasi Sri Yulianti
Kepala Bidang SD Disdik, Kota Bekasi Sri Yulianti

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) tahun ajaran 2020/2021 tingkat SD akan berlangsung pada 7-11 Desember 2020. Guru pada setiap satuan pendidikan harus menyusun soal ujian sesuai tema yang dipelajari.

Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi Sri Yulianti menjelaskan, pelaksanaan PAS bagi tingkat SD akan diselenggarakan secara daring. Menyesuaikan dengan jadwal kalendar pendidikan.

“Untuk jadwal disesuaikan kalender pendidikan, juknis dari 7 -11 Desember 2020,” jelasnya kepada Radar Bekasi, Kamis (26/11).

Lebih lanjut Sri menjelaskan, teknis untuk pelaksanaan PAS tingkat SD. Yaitu sekolah harus membuat soal sesuai dengan tema yang dipelajari oleh masing-masing kelas.

“Soal harus disesuaikan dengan tema yang dipelajari di masing-masing kelas,” tuturnya.

Secara rinci, kelas I dan II soal tematik terdiri dari empat paket. Yaitu tema 1, 2, 3, dan 4. Setiap tema dibuat 1 paket yang berisikan 30 soal. Rincinya 15 soal pilihan ganda, 10 soal isian dan 5 soal uraian. Jumlah soal yang sama untuk mata pelajaran lainnya.

Sementara kelas III, sama dengan tema yang dibuat untuk kelas I dan II. Namun jumlah soal yang sedikit berbeda, kelas III soal yang dikerjakan sebanyak 40 soal. Rincinya 25 soal pilihan ganda, 10 soal isian dan 5 soal uraian dan sama dengan mata pelajaran lainnya.

Sedangkan kelas IV, V, dan VI soal terdiri dari lima paket yang terdiri dari tema 1,2,3,4 dan 5. Terdiri dari 40 soal. Rincinya 25 soal pilihan ganda, 10 soal isian dan 5 soal uraian. Sementara jumlah soal sama denga mata pelajaran diluar dari tema.

Untuk kelas IV, V dan VI terdapat mata pelajaran matematika khusus, dengan ketentuan jumlah soal sebanyak 30. Terdiri dari 15 soal pilihan ganda, 10 soal isian dan 5 soal uraian.

“Jadi untuk SD sekarang ini menggunakan tema dan juga ada mata pelajaran. Pembuatan soal harus disesuaikan dengan teknis dan peraturan yang telah dibuat,” jelasnya.

Dikatakannya, sekolah harus mempersiapkan soal yang akan dikerjakan siswa secara daring. Selain itu dalam pembuatan soal, satuan pendidikan harus memastikan bahwa sebelumnya materi telah disampaikan dengan baik kepada siswanya.

“Mempersiapkan pelaksanaan PAS dengan baik dan memastikan bahwa materi sudah tersampaikan dengan cukup,” pungkasnya. (dew)

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button