Berita Bekasi Nomor Satu

Bantu Tingkatkan Pendapatan Petani Kopi

Andhika Prasetya
Andhika Prasetya
Andhika Prasetya
Andhika Prasetya

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Andhika Prasetya (22) merupakan mahasiswa program studi Agroteknologi Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA). Lewat Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, dirinya bersama tim berusaha membantu meningkatkan pendapatan petani kopi.

Andhika -begitu ia disapa- mengungkapkan bahwa kegiatan KKN tahun ini harus dirasakan berbeda dengan seniornya yang menjalani terlebih dahulu. Di tengah pandemi Covid-19, kegiatan pengabdian masyarakat tak bisa dilakukan secara langsung.

“Berbeda banget kegiatan KKN tahun ini, dimana KKN sebelumnya kan senior — senior saya pada menginap satu bulan lamanya. Tapi ini kita disuruh online dari perencanaan pembuataan program kerja sampai tahap akhir,” ungkap mahasiswa semester tujuh tersebut.

Selain itu, jumlah tim KKN yang dijalankan mulai September sampai dengan November 2020 ini pun dibatasi. Terdiri dari 1 dosen pembimbing lapangan sebagai ketua tim, serta 9 orang anggota.

Menurutnya, tim KKNnya bertugas menyusun laporan mengenai cara meningkatkan pendapatan petani melalui biji kopi. Hasil laporan program ini akan diserahkan kepada petani kopi Sanggabuana di Karawang.

Andhika mengungkapkan tugasnya dalam kegiatan tersebut. “Tugas saya disini melihat serta memberikan arahan bagaimana mengelola kopi yang baik dan menilai apakah biji kopi ini layak dipasarkan di daerah Karawang,” ungkapnya.

Ia berharap, petani kopi bisa lebih mengenal biji kopi Sanggabuana. Sebab, secara tekstur dan kualitas rasa tidak jauh berbeda dengan biji kopi di daerah lain di Indonesia.

“Saya berharap biji kopi Sanggabuana bisa lebih dikenal dan akan diperkenalkan lebih jauh ke daerah sekitar Karawang, Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Purwakarta,” tutupnya. (mg2) 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin