DCKTR Maksimalkan Serapan Anggaran

Sekretaris DCKTR, Iman Nugraha
Sekretaris DCKTR, Iman Nugraha

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Kabupaten Bekasi akan memaksimalkan penyerapan anggaran yang sudah dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur. Demikian dikatakan Sekretaris Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Iman Nugraha.

Ia menjelaskan hingga saat ini serapan baru mencapai hampir 11 persen atau setara sebesar Rp16 miliar dari total anggaran sekitar Rp133 miliar.


“Kalau pelaksanaan konstruksi kendalanya serapan secara administrasi memang rendah. Namun untuk realisasi pelaksanaannya sedang dalam tahap pengerjaan fisik, kami yakini akhir tahun ini maksimal,” kata Iman, Kamis (15/12).

Iman menyatakan, lembaga yang belum lama terbentuk pecahan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ini lebih fokus untuk pembangunan fasilitas dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru pada masa pandemi covid-19.


“Semoga pembangunan toilet dan sarana lainnya yang dibangun oleh Dinas Cipta Karya memberikan manfaat bagi penerapan pola hidup sehat di lingkungan sekolah dan dapat mencegah penyebaran virus corona ketika kegiatan belajar tatap muka dimulai lagi tahun 2021,” katanya.

Dia menambahkan,selain pembangunan toilet juga terdapat kegiatan pengecatan dan perbaikan plafon sekolah, pemeliharaan sekolah dan penataan halaman paving block halaman sekolah. Hal tersebut dilaksanakan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Bangunan.

Lanjut Iman, awalnya memang ada beberapa pembangunan sekolah serta ruang kelas baru. Namun karena ada kebijakan refocusing dari kebijakan pemerintah pusat. Sehingga kegiatan tersebut ditiadakan.(and/adv)