Berita Bekasi Nomor Satu

Rapid dan Swab Test Gratis Sangat Dibutuhkan Pencaker-Mahasiswa

Kegiatan swab test massa gratisl di Puskesmas Arenjaya, Bekasi Timur
Kegiatan swab test massal gratis di Puskesmas Arenjaya, Bekasi Timur.

RADARBEKASI.ID, BEKASI- Layanan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, terkait rapid dan swab test secara gratis yang dibuka setiap hari kerja di Stadion Patriot Chandrabaga, ternyata cukup membantu masyarakat, khususnya para pencari kerja dan mahasiswa yang membutuhkan laporan kesehatan bebas Covid-19.

Firman (18), mahasiswa di sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta mengakui, dirinya selama pandemi ini memang lebih banyak berkuliah secara daring. Namun, saat ujian praktek dirinya diminta datang ke kampus dengan syarat melakukan rapid test terlebih dulu.

“Iya mas, kalau rapid test gini saya udah beberapa kali kalau mau harus ke kampus aja buat praktek dan itu wajib dan biaya sendiri. Nah, waktu belum tahu ada tes gratis di stadion, saya ke rumah sakit. Lumayan sih itu biayanya kalau ke rumah sakit,” ujar milenial yang tinggal di Kelurahan Arenjaya, Bekasi Timur, Rabu (16/12/2020).

“Tapi, sekarang pas tahu ada gratis di Stadion ya mendingan kesana lah bisa ngirit. Jadi, kebijakan rapid test gratis ini buat saya cukup bermanfaat sih,” sambungnya.

Terpisah, Syifa (22) warga Bekasi Barat mengakui, kalau dirinya yang sedang upaya mendapatkan kerja guna membantu kebutuhan orangtuanya itu merasa kebingungan ketika mendapat panggilan kerja. Lantaran syarat dari perusahaan memintanya wajib melampirkan hasil rapid test.

“Repot sekarang, kalau panggilan kerja itu kita harus bawa hasil rapid test juga. Awalnya, sempat mikir ini belum kerja aja kok udah ngeluarin duit buat rapid test. Ya aneh juga kan kita aja lagi kekurangan duit,” tutur Syifa.

Dia mengisahkan, pada waktu awal dirinya terima tawaran kerja sempat ditolaknya, tapi setelah dapat kabar hak itu menjadi wajib diterapkan di sejumlah perusahaan, membuatnya pasrah dan mengurungkan niatnya untuk bekerja. Karena tak ada biaya untuk rapid test.

“Saya sempat nanya-nanya ke RS di Kota Bekasi, baik lewat online atau tanya ke temen. Rata-rata bayar 150 ribu harganya. Nah, pas lagi nanya gitu ternyata ada yang kasih tau rapid tes gratis di GOR. Pas cek benar dan memang sampai saat ini belum ada panggilan, jadi belum coba,” ujarnya sambil berharap program ini terus ada sampai pandemi berakhir.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi menyatakan, rapid dan swab test bakal tetap terus digelar selama pandemi Covid-19 ini belum berakhir. Bahkan, bukan saja di Stadion saja masyarakat ini dapat memanfaatkan layanan tersebut di puskesmas dan RS rujukan.

“Program rapid test dan swab test gratis buat warga Kota Bekasi akan terus digelar sampai pandemi Covid hilang dari negeri ini. Silakan warga masyarakat yang butuh bisa datang ke GOR atau Puskesmas di wilayah masing-masing, dan pastikan membawa KTP atau identitas lain,” jelas Rahmat. (mhf)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin