Berita Bekasi Nomor Satu

Pemilihan RT Gunakan Sistem Daring

FOTO BERSAMA: Panitia beserta anggota TNI dan Polri foto bersama usai pemilihan RT dengan menggunakan sistem daring di RW 002, Margahayu, Bekasi Timur. AHMAD PAIRUDZ/RADAR BEKASI
FOTO BERSAMA: Panitia beserta anggota TNI dan Polri foto bersama usai pemilihan RT dengan menggunakan sistem daring di RW 002, Margahayu, Bekasi Timur. AHMAD PAIRUDZ/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID – Pemilihan lima RT dilingkungan RW 002 Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, dilakukan secara serentak dengan menggunakan pemilihan sistem daring (online).

Pemilihan RT dilakukan secara daring menyusul masih terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

Ketua Panitia Pemilihan RT dilingkungan RW 002, Hasyim mengatakan, agenda pemilihan tersebut dilakukan tiga tahuan sekali.Biasanya dilakukan di masing-masing RT.

Namun dengan kondisi pandemi saat ini, maka diadakan secara serentak dengan menggunakan sistem daring.

“Ya biasanya kita menggelar di masing-masing RT ya. Tapi kondisi sekarang ini, jadi kita lakukan serentak dengan cara online memilihnya,” ujar Hasyim kepada Radar Bekasi saat pemilihan berlangsung, Sabtu (30/1).

Lanjut Hasyim, pemilihan secara langsung dialihkan ke sistem daring, karena Pandemi Covid-19.

“Kita gunakan pemilihan Paperless sebagai upaya pemilihan aman dan ramah lingkungan,” ujarnya.

Ia mengaku, sebelum pihaknya memulai pemilihan secara daring, timnya memberikan sosialisasi dan pemaparan ke pihak kelurahan dan warga sekitar.Setelah disampaikan ada beberapa masukan dan saran dari sejumlah pihak.

“Setalah di terima, kita langsung meminta data ke masing-masing RT. Akhirnya warga siap, kelurahan pun ok langsung kita buat pemilihannya. Dan kendalanya hanya jaringan saja,” terangnya.

Namun, sempai pemilihan berlangsung pihaknya memastikan Provider kuat di masing-masing jaringan. Sehingga tidak ada lagi jaringan yang luring (offline) saat pemilihan berlangsung.

Selain itu, dalam pemilihan daring dari satu RT dilakukan door to door oleh dua tim yang terdiri dari dua orang. Dan itu dilakukan langsung di lima RT dengan masing-masing tim berjalan menelusuri warga untuk memilih.

“Pemilihan pun kita saksikan secara langsung ya di kantor RW. Sehingga langsung terdata pemilihannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Margahayu, Siti Sopiah menyampaikan, pemilihan secara daring menghindari kerumunan masa di setiap lingkungan.

“Pemilihan online ini baru pertama kali ya, yang saya lihat dilingkungan saya. Kepada yang lain pun saya ingin mereka mengikuti tata cara pemilihan secara online di masa Covid-19 ini,” katanya.

Lanjut dia, karena memang Pemkot Bekasi sudah menyarankan pemilihan RT maupun RW dilakukan secara daring atau door to door.

“Saya berharap kegiatan pemilihan online ini dapat manfaat bagi yang lain di masa Covid-19 ini. Selain itu saya harap bagi calon yang terpilih bisa bersinergi bersama pihak-pihak terkait. Terutama tetap jaga K3 dan 4M nya,” tukasnya. (pay)

Respon (1)

Komentar ditutup.

Solverwp- WordPress Theme and Plugin