Politik

Jabar dan Pusat Perlu Serius Tangani Banjir Bekasi

Heri Koswara, Anggota Komisi 4 DPRD Provinsi Jabar

Anggota DPRD Provinsi Jabar Dapil 8 Kota Bekasi-Depok, sekaligus Ketua DPD PKS Kota Bekasi, Heri Koswara membagikan nasi bungkus kepada korban banjir di Bekasi sejak Jumat (19/2/2021). Foto ist.

RADARBEKASI.ID, BEKASI-Banjir yang menggenangi sebagian wilayah di Kota Bekasi langsung mendapat perhatian serius anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil 8 Kota Bekasi-Depok, Heri Koswara. Pemerintah Provinsi Jabar dan Pusat diminta serius menangani banjir Bekasi secara komprehensif agar tidak kembali terulang setiap tahun.

Heri Koswara anggota DPRD Provinsi Fraksi PKS ini langsung menyambangi dan hadir di tengah-tengah warga korban banjir di perumahan Pondok Gede Permai (PGP) di Kecamatan Jatiasih dan warga Kecamatan Rawalumbu pada Jumat (19/2/2021) serta perumahan Puri Nusapala pada Sabtu (19/2/2021).

Kepada masyarakat setempat yang mengalami korban banjir, wakil rakyat Provinsi Jabar ini akan mendesak Pemprov Jabar untuk serius turut memberi solusi penanganan banjir di PGP agar banjir tidak terulang terus menerus.

’’Sebagai pejabat publik, wakil rakyat di provinsi, saya tidak tega sekali melihat penderitaan warga korban banjir di PGP. Solusi penanganan banjir ini harus komprehensif sehingga tidak terus terulang setiap tahun,’’ ungkap anggota Komisi 4 yang membidangi pembangunan pengendalian dan perlindungan lingkungan hidup, pekerjaan umum dan perumahan rakyat.

Anggota DPRD Provinsi Jabar sekaligus Ketua DPD PKS Kota Bekasi, Heri Koswara (tengah) bersama Wakapolres Metro Bekasi AKBP Alfian Nurrizal (kiri) di lokasi banjir PGP, Jatiasih. Foto Ist.

Dia menjelaskan, persoalan banjir di Kota Bekasi tidak bisa diselesaikan sendiri oleh Pemkot Bekasi. Harus melibatkan Pemprov Jabar dan Pemerintah Pusat. Kalau pusat dan provinsi tidak turun tangan, maka persoalan banjir di Bekasi ini tidak akan selesai.

’’Sebab banjir di Kota Bekasi ini terkait hulunya yang berada di Kabupaten Bogor, yaitu Kali Cikeas dan hilirnya di Kabupaten Bekasi. Kota Bekasi terdampak Bogor dimana Kali Cikeas melintasi Kali Bekasi menuju Kabupaten Bekasi,’’ bebernya.

Anggota DPRD Provinsi Jabar sekaligus Ketua DPD PKS Kota Bekasi Heri Koswara (tengah) menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Bekasi. Foto Ist.

Menurut Heri, banjir di Kecamatan Rawalumbu dan Jatiasih, seperti perumahan PGP, penyebabnya tidak sama. ’’Di PGP itu karena ada tanggul penahan air yang amblas. Sedangkan di Rawalumbu karena sungainya mengalami pendangkalan sehingga air di sungai tidak mampu menampung dan luber ke jalan-jalan,’’ papar Heri Koswara yang tinggal di Jatiasih ini.

Ketua DPD PKS Kota Bekasi Heri Koswara (tengah) menyambangi posko relawan PKS di Jatiasih dan Rawalumbu. Foto ist.

Heri yang juga Ketua DPD PKS Kota Bekasi mengunjungi Posko Banjir DPC PKS Jatiasih di PGP dan Posko Banjir DPC PKS Rawalumbu.

’’Alhamdulillah, relawan-relawan PKS Kota Bekasi merespon cepat kebutuhan korban banjir. Mereka hadir di tengah-tengah melayani masyarakat yang membutuhkan pertolongan tanpa melihat latarbelakangnya,’’ pungkasnya. (zar/adp)

 

Related Articles

Back to top button