Berita Bekasi Nomor Satu

Peringatan Tak Mempan, Karang Taruna Buat Sayembara Tangkap Pembuang Sampah, Hadiahnya Rp1 juta  

Warga memasang spanduk sayembara pelaku pembuang sampah sembarangan berhadiah Rp1 juta. FOTO: ISTIMEWA
Warga memasang spanduk sayembara pelaku pembuang sampah sembarangan berhadiah Rp1 juta. FOTO: ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Karang Taruna RW 01 Kelurahan Mustikasari Kecamatan Mustikajaya Kota Bekasi membuat terobosan agar warga bisa bersama-sama menjaga lingkungan. Mereka membuat sayembara dengan imbalan uang tunai Rp1 juta bagi siapapun yang bisa menangkap oknum warga pembuang sampah sembarangan.

Bendahara Karang Taruna RW 01 mengatakan, selama ini tumpukan sampah kerap terlihat di Jalan Ampera di lingkungan RT 01 RW 01 Mustikasari. Jalan itu menjadi tempat orang tak bertanggung jawab membuang sampah lantaran lokasinya yang sepi. Setiap ada sampah, warga langsung membersihkannya. Namun, keesokan harinya ada lagi. Ocid tidak tahu siapa yang membuang sampah sembarangan tersebut.

“Kita tidak tahu sampah-sampah itu berasal dari mana, capek rasanya kita sering bersihin sampah. Tapi beberapa hari setelah itu ada lagi,” ujar Ocid.

Pihaknya sudah berulang kali membuat peringatan supaya tidak membuang sampah sembarangan karena berdampak buruk bagi lingkungan. Peringatan itu merujuk pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 9 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Sampah. Namun, teguran itu tak diindahkan dengan masih adanya oknum warga yang membuang sampah tidak pada tempatnya di lingkungan tersebut.

“Pakai (spanduk) peringatan kata-kata udah nggak mempan, masih ada warga yang membuang sampah sembarangan. Makanya kita pakai cara seperti itu,” ungkap Ocid.

Sayembara berhadiah uang tunai Rp1 juta berlaku bagi siapapun yang bisa menangkap oknum pembuang sampah sembarangan dan menyerahkannya ke kantor sekretariat RW 01. Sayembara  itu baru diberlakukan tiga hari ini.

“Hadiah uang itu dari kas karang taruna,” pungkasnya. (oke)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin