Metropolis

Wacanakan Penataan Kawasan Pecinan

KAWASAN PECINAN : Warga melintas di Jalan Mayor Oking, Margahayu, Bekasi Timur, Rabu (7/4). Jalan tersebut diwacanakan sebagai kawasan Pecinan. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi berencana menjadikan Jalan Mayor Oking Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur Kota Bekasi, menjadi kawasan Pecinan.

Wacana tersebut dilontarkan Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, sebagai bagian konsep kecamatan tematik.

“Ya karena kita punya konsep yang namanya kecamatan Tematik. Jadi kecamatan memiliki ke khasan masing-masing,” kata Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, usai menghadiri Festival Situ Rawa Gede, di Kelurahan Bojongmenteng Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi, Rabu (7/4).

Saat ini Pemerintah Kota Bekasi sudah memiliki, Situ Rawa Gede di Rawalumbu, Sementara kata dia Kecamatan Bekasi Timur punya potensi, karena adanya klenteng di sana. “Kenapa kita tidak bikin konsep menjadi satu destinasi. Yaitu Cina Town,” ucapnya.

Dia menjelaskan, pemerintah seharusnya bisa mengubah, apalagi di lokasi tersebut sudah merupakan bagian situs budaya.

Ia mencontohkan di Jatisampurna sudah memiliki Kampung Budaya dengan salah satu destinasi tujuh mata air sebagai bentuk kearifan lokal.. “Sebab, itu akan menjadi satu kearifan lokal. Dimana budaya lokal dapat tumbuh dan berkembang,” jelasnya.

Namun, pembuatan kawasan pecinan atau Cina Town di Jalan Mayor Oking baru sekadar konsep. “Kami akan menyesuaikan anggaran yang ada, tetapi konsep pikirnya sudah ketemu,”jelasnya.

Ia juga mencontohkan kampung Bali yang juga ada Kota Bekasi.Namun proses itu diakuinya juga melibatkan persetujuan masyarakat. “Jika sudah siap nantinya Disparbud akan bertanggung jawab konsep besarnya seperti apa. Saya yakin itu sudah ada DED nya tinggal implementasinya,” tukasnya. (pay)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button