Berita Bekasi Nomor Satu

Mendag Lepas Ekspor Semangka ke UAE

ASIK BERBINCANG : Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi (dua dari kanan) asik berbincang saat meninjau gudang e-commerce agrikultur fasilitas National Fulfillment Center (NFC), di Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Rabu (21/4). ARIESANT/RADAR BEKASI
ASIK BERBINCANG : Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi (dua dari kanan) asik berbincang saat meninjau gudang e-commerce agrikultur fasilitas National Fulfillment Center (NFC), di Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Rabu (21/4). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi, meninjau sekaligus menghadiri pelepasan ekspor 14,5 ton buah semangka oleh TaniHub Group, yang difasilitas National Fulfillment Center (NFC), di Cikarang Utara, Rabu (21/4).

Ekspor buah semangka dari hasil petani binaan yang ada di Lampung ini, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pasar Uni Emirat Arab (UAE), yang memiliki potensi demand berkelanjutan mencapai 156 ton perbulannya.

Disampaikan Lutfi, ekspor buah semangka ini guna memenuhi permintaan pasar dari UAE dan merupakan bukti kesanggupan TaniHub Group untuk menjembatani antara petani dan ekspor Indonesia sehingga mampu memajukan perekonomian Indonesia.

“Menurut saya, TaniHub ini merupakan suatu platform digital yang mampu membantu memajukan serta memakmurkan Indonesia. Apalagi mampu menjembatani petani dengan pelaku usaha,” kata Lutfi.

Ia juga berharap, dengan adanya TaniHub Group yang menyalurkan ekspor buah semangka pertama sebanyak 14,5 ton tersebut, kedepannya akan menjadi sentra ekspor hasil pertanian Indonesia dan bisa memberikan kesejahteraan bagi rakyat.

“Mudah-mudahan, ini langkah terbaik pertama dan semoga menjadikan Indonesia pusat ekspor agri kultur, dan bisa membantu ekspor Indonesia agar petani lebih sejahtera,” terangnya.

Sementara itu, CEO TaniHub Group, Pamitra Wineka, melihat adanya kesempatan merambah pasar ekspor ini sebagai upaya memberikan akses pasar seluas-luasnya kepada petani lokal.

Langkah ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap arahan dan kebijakan Presiden Joko Widodo, bahwa e-commerce harus dapat diakses oleh pasar global agar produk-produk Indonesia tidak kalah bersaing dengan produk-produk dari negara lain.

“Pelepasan ekspor perdana kali ini, merupakan upaya nyata bagi perusahaan rintisan di bidang pertanian Indonesia untuk membentuk ekosistem ekspor baru. Ekspor ini mengawali rencana TaniHub Group, untuk melakukan ekspor komoditas pertanian Indonesia lain-nya ke UEA,” tutur Pamitra.

Dalam kesempatan itu, selain meninjau fasilitas NFC TaniHub Group, Mendag dan CEO TaniHub Group, juga secara simbolis melepas keberangkatan satu kontainer yang membawa buah semangka ekspor senilai 11,46 ribu Dolar AS, dengan memecahkan kendi di depan truk kontainer. (pra)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin