BekasiCikarang

Ratusan Perwakilan Karang Taruna Kab Bekasi Antusias di Pelatihan Jurnalistik

 

Ketua Karang Taruna Lambangsari M. Arief (kiri) memoderatori pelatihan jurnalistik dengan pembicara Zaenal Aripin (kanan) dari Radar Bekasi, Sabtu (8/5/2021).

RADARBEKASI.ID, CIKARANG PUSAT-Puasa Ramadan tidak menghalangi pemuda Karang Taruna untuk tetap berkegiatan. Buktinya, 128 perwakilan mereka di tingkat kecamatan, desa dan kelurahan di Kabupaten Bekasi antusias mengikuti pelatihan jurnalistik, Sabtu (8/5/2021).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan di Aula Gedung Wibawa Mukti, Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi, mereka melontarkan sejumlah pertanyaan tentang profesionalisme jurnalis, kode etik jurnalistik (KEJ), serta konten media sosial dan online.

Pemateri pelatihan jurnalistik ini, Zaenal Aripin dari Radar Bekasi (Jawa Pos Group) menjawab pertanyaan-pertanyaan peserta dengan senang hati dan penuh solusi.

Pria yang sudah berkecimpung di dunia jurnalistik sejak tahun 2002 ini, menyatakan tugas jurnalis adalah tidak beropini, memberitakan fakta, data, narasumber berimbang (check and recheck), beritikad baik demi kepentingan publik.

Lantas, informasi apa yang layak untuk diberitakan? Mengingat tidak semua informasi yang beredar di publik layak untuk diberitakan.

“Kuncinya, lihat rukun iman berita/kategori berita. Saya merangkumnya ada 10 kategori,” ungkap Pemred Radar Bekasi tahun 2013-2018 yang kini diberi amanah sebagai Asistant General Manager ( Asist GM).

Dia merinci, sepuluh unsur yang layak diberitakan antara lain, peristiwa pertama, proximity (kedekatan) pembaca, ekslusivitas, human interest (dimensi kemanusiaan), magnitude (daya tarik luar biasa), penting, menarik/unik, tren, tokoh, kisah prestasi dan bermisi.

“Untuk menuliskan informasi itu menjadi berita yang menarik dan disukai pembaca, harus dikemas dengan apik penulisannya. Bisa dengan gaya bertutur atau bercerita,” imbuh pria yang kini tercatat sebagai salah satu penguji Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS), Jakarta.

Kegiatan ini dimoderatori M. Arief, Ketua Karang Taruna Kecamatan Tambun Selatan sekaligus Pemred Media Taruna, diberi sambutan Ketua Karang Taruna Kabupaten Bekasi Ahmad Taufik dan dibuka Kadinsos Kabupaten Bekasi Endin Syamsuddin.

Sebelum pelatihan jurnalistik dimulai, panitia penyelenggara mengumumkan, pemberian Piagam Penghargaan Karang Taruna Terbaik tingkat desa dan kecamatan tahun 2021. Serta Piagam Penghargaan Karang Taruna Kab Bekasi Berprestasi Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 tahun 2021.

Perwakilan penerima Penghargaan Karang Taruna Kabupaten Bekasi tahun 2021, tingkat desa, kelurahan dan kecamatan.

Karang Taruna yang mendapatkan penghargaan: Karang Taruna Desa Taman Rahayu Kec. Setu (juara1), Karang Taruna Desa Karangsari Kec. Cikarang Timur (juara2), Karang Taruna Desa Lambangsari Kec. Tambun Selatan (juara3), Karang Taruna Karya Muda Desa Karang Haur Kec. Pebayuran (harapan 1), Karang Taruna Satria Muda Desa Mekarjaya Kec. Kedung Waringin (harapan 2), Karang Taruna Desa Pantai Harapan Jaya Kec. Muara Gembong (harapan 3).

Sedangkan lima besar Karang Taruna Kecamatan Terbaik 2021:
1. Kecamatan Cibarusah
2. Kecamatan Pebayuran
3. Kecamatan Cikarang Barat
4. Kecamatan Cikarang Utara
5. Kecamatan Muaragembong. (rbs)

Related Articles

Back to top button