Bekasi

Meski Pandemi, Idul Fitri Tetap Semarak

SHALAT IED : Sejumlah warga melaksanakan Salat Ied di Masjid Jami Annur yang meluber hingga ke Jalan Sultan Agung Kota Bekasi, Kamis (13/5/2021). ARIESANT/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN – Salat Idul Fitri kedua pada masa pandemi dilangsungkan di semua masjid di Kota Bekasi. Hari raya tahun ini disebut lebih semarak dibandingkan tahun kemarin. Izin pelaksanaan Salat Idul Fitri dikeluarkan setelah mempertimbangkan resiko penyebaran Covid-19.

Pantauan Radar Bekasi, jamaah salat ied tumpah ruah keluar masjid hingga di ruas jalan yang berdekatan langsung dengan area masjid. Beberapa diantaranya melaksanakan salat di ruang terbuka, sementara khutbah berlangsung singkat sesuai ketentuan 15 menit.

“Tahun ini lebih semarak dibandingkan tahun 2020, pandemi sekarang kan lebih bisa dikendalikan, oleh karena itu kita menghimbau kepada semua masyarakat Kota Bekasi terutama untuk tetap memakai masker, menjaga jara. Itu yang pokok dari proses pengendalian kita,” kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi usai mengikuti Salat Ied di Masjid Agung Al Barkah, Kamis (13/5/2021).

Hasil evaluasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bekasi, kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan dinilai sudah cukup baik. Catatan pekan ini 98,1 persen wilayah lingkungan RT berstatus zona hijau atau dengan resiko penyebaran rendah.

Untuk mengawasi kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan, semua unsur pemerintah daerah terjun pada hari raya tahun ini.

“Semua aparatur turun termasuk wali kota, setelah ini keliling melihat sejauh mana, kan dihimbau untuk tidak melakukan halal bihalal, kunjungan, dan open house, kalau bisa menggunakan fasilitas (daring),” tukasnya. (sur)

Related Articles

Back to top button