Bekasi

Satu Pesanan Antre Tiga Jam

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Menu BTS Meal yang baru saja diluncurkan kemarin membuat berbagai outlet cepat saji McDonald’s (McD) kebanjiran pesanan. Antrean mengular panjang menjadi pemandangan berbeda di sejumlah outlet. Bahkan, satu pesanan harus menunggu sampai tiga jam.

Pantauan Radar Bekasi, antrean mengular di otlet cepat saji yang ada di Gramdmall Bekasi Barat, antrean terlihat hingga area parkir outlet. Jeda waktu menunggu pesanan siap untuk diantar kepada customer yang telah memesan paket makanan hasil kolaborasi McD dengan boyband ternama asal Korea tersebut.

“Iya, seharusnya kita sudah dapat orderan yang lain, ini habis waktu terbuang untuk satu orderan di satu resto,” kata ketua komunitas pengemudi Ojek online Patriot Gograber, Irfan Saputra, Rabu (9/6).

Rata-rata laporan dari anggotanya, untuk mendapatkan satu pesanan waktu yang dibutuhkan hingga tiga jam. Bahkan, beberapa diantaranya harus terlibat perdebatan dengan kasir outlet.

Peristiwa banjir pesanan ini menurutnya sudah menjadi hal wajar saat restoran mengeluarkan menu baru, terlebih disertai promo, bahkan juga terjadi saat promo didapati promo barang. Terkait dengan kepatuhan mereka terhadap protokol kesehatan selama menunggu antrean, ia menyampaikan telah mewanti-wanti anggotanya untuk tetap mentaati protokol kesehatan.

Pihaknya meminta kepada McD untuk mengatur lebih baik waktu pelayanan sehingga tidak membutuhkan waktu lama hingga mendapatkan pesanan customer. Beberapa siasat bisa dilakukan untuk mencegah kerumunan di area outlet.

“Balik lagi tadi tentang McD yang viral dengan orderan BTS itu, satu matikan aplikasinya, yang sudah masuk nggak papa mereka layani pesanannya sampai habis. Kedua, kalau dia buka untuk makan di tempat, karyawannya beberapa pisahkan (untuk melayani), untuk dibawa pulang karyawannya berapa pisahkan,” tambahnya.

Selain menunggu pesanan selesai, pengemudi Ojek online juga harus menghadapi pertanyaan customer untuk segera mendapatkan pesanan. Kecuali, bagi customer yang sudah memahami situasi di outlet.

Salah satu warga Bekasi Timur, Silvy (26) mengaku sudah bersiap memesan BTS via online sejak pukul 10:50 WIB. Butuh waktu 1 jam sejak memesan BTS via transportasi online. Juga tidak mudah mendapatkan driver yang mau menerima pesanannya, empat driver ojek online membatalkan pesanannya. “Kalo lewat Grabfood Ampe dibatalin empat driver,” katanya.

Akhirnya, ia memesan menu makanan yang ia nilai spesial ini melalui shopee food sebanyak 4 paket dengan total biaya yang harus dikeluarkan Rp191 ribu, plus tips bagi pengantar Rp50 ribu. Ditambah tiga paket lainnya melalui aplikasi Grabfood, Rp51 ribu per satu paket.

Menu baru ini dianggap spesial dan wajib dibeli lantaran saus cajun yang menurutnya wajib dicoba. Selain itu, sepengetahuannya hanya di Indonesia saja paper bag edisi BTS Meal ini dilapisi plastik.

Pada salah satu toko online, kemasan kosong McD BTS Meal bahkan dijual hingga Rp599 ribu. Silvy memilih untuk menyimpan paper bag paket BTS Meal dibandingkan untuk dijual.”Yes, disimpan,” tukasnya.

Sementara itu, petugas kepolisian diterjunkan untuk mengawasi protokol kesehatan di outlet McD kawasan Cibubur. Keributan sempat terjadi lantaran pengemudi Ojek online tidak sabar menunggu pesanan.”150an orang yang berasal dari Gojek dan Grab, sudah selesai kita suruh antri saja,” kata Kapolsek Jatisampurna, Iptu Santri Dirga.

Terpisah, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan pihaknya langsung turun tangan menindaklanjuti peristiwa antrean panjang di gerai restoran cepat saji McDonal’s (McD) di seluruh Indonesia. Polri berkerja sama dengan TNI dan pemerintah daerah memberi imbauan agar tidak terjadi pelanggaran protokol kesehatan yang menyebabkan penularan COVID-19.

“Polri bersama TNI berkoordinasi dengan pemda untuk memberikan edukasi terhadap kejadian tersebut,” katanya, Rabu (9/6).

Antrean di gerai McD ini dilaporkan terjadi di sejumlah wilayah, seperti Jakarta, Tangerang, Semarang, Bandung, Depok, Bogor, Bekasi, dan Kota Malang, Jawa Timur, Medan Sumatera Utara. Beberapa di antaranya ada yang disegel.

McD merilis menu baru BTS Meal pada Rabu (9/6) ini mulai pukul 11.00 WIB. Menu baru ini hanya bisa dibeli secara daring melalui aplikasi McDonalds, Drive Thru, atau pun layanan pesan antar lainnya seperti GoFood, GrabFood, dan Shopee Food.

Makanan pilihan 7 anggota idola BTS itu terdiri dari 9 potong nugget McNugget, satu gelas minuman ukuran medium, kentang goreng medium, dan dua saus spesial yaitu Chili Sweet Sauce dan Cajun Sauce dibanderol dengan harga Rp 50.000 sudah termasuk pajak untuk pembelian lewat drive thru.

Selain saus spesial yang baru muncul di Indonesia, pembeli BTS Meal berhak mendapatkan paper bag dengan logo McD dan BTS, tempat minum dan McNugget berlambang BTS. Menu ini tersedia di 50 negara termasuk Amerika Serikat dan Korea Selatan.(sur/gw/fin)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button