Berita UtamaPendidikan

Blangko Ijazah Telah Sampai ke Sekolah

ILUSTRASI: Suasana SMAN 1 Kota Bekasi. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Blangko ijazah tingkat SMA/SMK di Kota dan Kabupaten Bekasi telah didistribusikan ke satuan pendidikan oleh Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah III dibantu Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

Ketua MKKS SMA Kota Bekasi Ekowati mengatakan, pendistribusian ijazah telah dilakukan pada akhir Mei 2021. “Blangko ijazah sudah diberikan oleh pihak KCD dan pendistribusiannya dibantu oleh kami sebagai pengurus MKKS,” ujar Ekowati kepada Radar Bekasi, Kamis (17/6).

Menurutnya, sebagian satuan pendidikan masih melakukan penulisan ijazah. Namun, ada juga yang sudah memasuki tahap penandatanganan ijazah oleh kepala sekolah.

“Kalo untuk sekolah saya yaitu di SMAN 1 Kota Bekasi, tinggal tahap cap tiga jari oleh siswa,” ucapnya.

Diakui Ekowati, bahwa lulusan harus menunggu waktu yang cukup lama untuk bisa menerima ijazah lantaran pengisian blangko dilakukan secara manual.

“Karena ijazah ditulis secara manual, jadi memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Jadi setelah ditulis, maka kepala sekolah harus menandatangani ijazah tersebut,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Ketua MKKS SMA Kabupaten Bekasi Didi Rosidi. Ia mengungkapkan, seluruh sekolah telah menyelesaikan pengisian blangko ijazah.

“Untuk di Kabupaten Bekasi sendiri sepertinya sudah hampir rampung,” ucapnya.

Adapun penandatangan oleh kepala sekolah masih dilakukan oleh sejumlah satuan pendidikan. Selanjutnya, akan segera dilaksanakan cap tiga jari oleh peserta didik.

 “Sepertinya hampir sebagian besar sekolah masuk dalam tahap penandatangan ijazah oleh kepala sekolah. Sepertinya dalam waktu dekat bisa dilakukan cap tiga jari oleh siswa,” katanya.

Ketua MKKS SMK Kabupaten Bekasi Nopriandi mengatakan, blangko ijazah baru selesai didistribusikan ke sekolah “Baru 2 hari yang lalu selesai didistribusikan ke sekolah masing-masing. Saat ini mungkin sekolah sedang melakukan penulisan ijazah secara manual,” katanya. (dew)

Related Articles

Back to top button