Berita Bekasi Nomor Satu

Cegah Potensi Kerumunan Vaksinasi Massal

ILUSTRASI: Petugas ketika menyuntikkan vaksin di vaksinasi massal Polres Metro Bekasi Kota. Hari ini Kamis (1/7) vaksinasi massal dengan jumlah 25 ribu peserta akan dilakukan di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sebanyak 200 personel Satpol PP Kota Bekasi bakal dikerahkan saat kegiatan vaksinasi massal di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Kamis (1/7) hari ini. Hal ini dilakukan dalam rangka antisipasi adanya kerumunan yang terjadi di lokasi, lantaran bakal diikuti sebanyak 25 ribu warga masyarakat di wilayah tersebut.

Kepala Satpol PP Kota Bekasi, Abi Hurairah mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan 200 personel di lokasi ini, demi kelancaran dan suksesnya vaksinasi massal yang bakal diikuti oleh 25ribu peserta atau masyarakat dari seluruh wilayah Kota Bekasi. Dan ini tidak termasuk unsur TNI-Polri, dan aparat lainnya yang telah menyiapkan personelnya masing-masing.

“Total 200 personel ini hanya dari Satpol PP saja yang dikerahkan dari pagi sampai sore, dan untuk aparat lain beda. Dan untuk total jumlah personel baik TNI-Polri dan lainnya itu saya belum tahu persis, silakan tanya kabag TU ya,” kata Abi kepada Radar Bekasi, Rabu (30/6).

Menurut Abi, dia menginstruksikan jajarannya dalam bertugas untuk bisa meminimalisir adanya kerumunan masyarakat yang ada di lokasi, dari mulai datang hingga mengantri di barisan untuk proses vaksinasi. Dan masing-masing personel juga sudah dikoordinasikan dengan personel lainnya, dengan pembagian tugas dan fungsinya.

“Kami berharap, pelaksanaan nanti berjalan baik dan lancar. Dan kami pun mengimbau, kepada masyarakat untuk tertib dan jalankan instruksi petugas kami di lapangan,” tutupnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bekasi, Tanti Rohilawati mengakui, soal pelaksanaan vaksinasi massal dijadwalkan seperti sebelumnya, yakni peserta hadir dari pukul 06.00. Adapun tenaga kesehatan (nakes) pukul 07.00 seperti sebelumnya.

Sementara itu, Tanti menyampaikan, terkait jumlah peserta yang akan mengikuti agenda ini lebih besar dari sebelumnya, yakni 25 ribu orang. Maka, tentu hal ini sudah diantisipasi bersama dengan unsur petugas lain, seperti unsur Kodim, Polres, Satpol PP, Dishub dan lainnya sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

“Jadi memang untuk mengantisipasi adanya kerumunan ini tentu sangat penting, karena jelas tak boleh sampai ada kerumunan saat pelaksanaan nanti. Dan saya rasa hal ini pun sudah kita bagi tugas dan fungsinya kepada petugas dari Kodim, Polres, Satpol PP, dan Dishub untuk bisa memastikan tidak terjadi kerumunan,” singkatnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPRD Kota Bekasi dari Fraksi PDIP, Heri Purnomo berharap, upaya antisipasi kerumunan ini dapat serius dilakukan demi menghindari adanya klaster baru kasus Covid-19 di pelaksanaan vaksin tersebut. Bahkan, dia berharap semua aparat keamanan baik TNI-Polri, Satpol, dan Dishub untuk kerahkan personel secara maksimal, agar dapat memastikan kerumunan tak ada di lokasi tersebut.

“Ini yang memang sedang kita antisipasi dan masih didiskusikan melalui zoom meeting bersama Dinkes dan OPD lainnya. Dan kami juga sudah mendorong agar pengamanan di lokasi nanti bisa maksimal, sehingga jangan sampai ada kerumunan lebih-lebih akibatkan munculnya klaster baru,” imbuhnya. (mhf)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin