Kalimalang Cheonggye

Ketua DPD PKS Kota Bekasi, Heri Koswara, MA.

RADARBEKASI.ID, Senin 20 September 2021 kemarin, saya bersama rombongan pimpinan Komisi 4 DPRD Provinsi Jawa Barat meninjau lokasi Penataan dan Revitalisasi Kalimalang tahap 2, di Jalan M. Hasibuan, Kota Bekasi.

Sambil memandang air Kalimalang yang sangat berlimpah itu, saya membayangkan masa depan ‘wajah’ sungai yang membelah jantung Kota Bekasi ini, pastinya akan sangat mempesona. Terlintas dalam benak saya, Kali Cheonggyecheon/Cheonggye di Seoul, Korea Selatan (Korsel).


Di Korsel, Kali Cheonggye ini sangat populer. Kepopuleran kali yang berada di ibu kota itu, juga menjadi jujukan para wisatawan yang berkunjung ke Seoul. Mereka tidak pernah melewatkan kali buatan ini dalam daftar kunjungan wisata domestik dan internasional.

Nah, saya mendadak membayangkan Kalimalang bakal bermetamorfosis menjadi destinasi wisata sekaligus sarana hiburan ruang terbuka hijau yang ramah lingkungan, edukatif, selebratif sekaligus sebagai area yang ‘eye cathching’ bagi berbagai komunitas untuk menelurkan ide-ide kreatifnya di sini.


Lokasi revitalisasi Kalimalang tahap 2 ini, juga sangat strategis. Berada di salah satu jalur utama/pusat bisnis Kota Bekasi dan akses tol Bekasi Barat. Dikelilingi sejumlah pusat perbelanjaan, perkantoran dan sarana ibadah. Kelak aksesnya pun akan sangat terjangkau lagi bila pembangunan tol Becakayu (Bekasi Cawang Kampung Melayu) tuntas.

Kali Cheonggye di Korsel dan Kalimalang di Bekasi punya sama-sama kemiripan. Di antaranya, sama-sama berada di jantung kota. Sama-sama kali buatan. Hanya bedanya, Cheonggye sudah menjadi destinasi wisata unggulan. Kalimalang masih tahap proses menuju “face off”.

Seorang kawan tiba-tiba membuyarkan lamunan saya. Penataan dan Revitalisasi Kalimalang yang sudah dilakukan groundbreaking pada September 2019 lalu itu, ternyata masih tahap pengerjaan di sisi utara dan selatan Kalimalang. Di sana bakal dibangun zona edukasi, ekologi, selebrasi dan komunitas.

Sisi utara akan dibangun signing Tarum Bhagasasi, landscape lighting, bollar trotoar, kelengkapan penyiraman tanaman dan akses alat berat menuju badan air.

Sisi selatan, akan dibangun ruang terbuka hijau (RTH), ruang ngariung, jumping area, map lighting, sitepile, jalan inspeksi, pagar pengaman, gerbang jalur inspeksi dan sistem penyiraman tanaman.

Saya berharap, Kalimalang Cheonggye ini, pengerjaannya tuntas tepat waktu sesuai perjanjian, yaitu akhir 2021. Semoga. (*)