Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Bangkitkan Spirit Qurani Lewat MTQ XXIII Tingkat Kota Bekasi

FOTO BERSAMA : Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto foto bersama dengan sejumlah panitia dan pejabat Pemkot Bekasi saat pembukaan MTQ XXIII Tingkat Kota Bekasi di Kecamatan Bantargebang.

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIII Tingkat Kota Bekasi Tahun 2021 resmi dibuka. Kegiatan yang dilaksanakan di Halaman Kantor Kecamatan Bantargebang Kota Bekasi ini dimulai sejak 27 hingga 30 September.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menegaskan, MTQ tidak semata menjadi wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Alquran, namun menjadi kegiatan yang mampu mengedukasi umat untuk semakin baik dengan membumikan Al-Quran mengajak kesadaran beragama yang humanis dan terbuka.

“Setiap perhelatan MTQ di Kota Bekasi diharapkan menjadi energi penguatan ukhuwah Islamiyah, ukhuwah Wathaniyah, maupun ukhuwah Insaniyah. ketiga ukhuwah dimaksud berlandaskan semangat persaudaraan dan kepedulian terhadap sesama, sebagaimana dicontohkan nabi Muhammad SAW,” terang Tri Adhianto.

“Nilai-nilai islami dan spirit qurani harus dapat menjadi benih yang menumbuhkan sikap dan perilaku baik bagi insan muslim di Kota Bekasi, demikian pula di lingkungan keluarga, lingkungan sosial, maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih luas, pada hakikatnya MTQ merupakan wujud keinginan membumikan Al-Quran dan menegakan syiar Islam untuk memperkokoh nilai nilai agama dan sendi-sendi kehidupan masyarakat dan bernegara,” sambungnya.

Dia juga mengingatkan kepada panitia penyelenggara, agar MTQ ke-XXIII tingkat Kota Bekasi tahun 2021 dilaksanakan dengan menyesuaikan kondisi pandemi covid-19 dan mengutamakan penerapan protokol kesehatan.

Dengan tema Wujudkan Generasi Millenial Melalui Kegiatan MTQ Untuk Melahirkan Bakat Qari/Qariah Berinsan Qur’ani, diharapkan mampu melahirkan qori-qoriah, hafiz-hafizah dan musafir-mufasirah dari seluruh kecamatan yang siap berkompetisi secara sehat dengan berlandaskan nilai qur’ani yaitu fastabiqul khairat. “Selain itu berkompetisi dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul, kompetitif dan berkarakter Islam,” tegas Tri.

Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Kota Bekasi sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Lomba MTQ tingkat Kota Bekasi, Sudarsono menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk menggali putra daerah meraih prestasi di ajang MTQ.

“Selain itu mengembangkan kreativitas kemampuan Qari/Qari’ah dalam memahami dan menghayati isi kandungan Al-Qur’an serta seni baca Al-Qur’an serta terpilihnya Qari-Qariah terbaik pada setiap cabang yang di musabaqahkan untuk mewakili kafilah Kota Bekasi dalam mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 di Kabupaten Sumedang,” tandasnya.

Sekedar diketahui, MTQ XXIII Tingkat Kota Bekasi Tahun 2021 terdiri dari empat bidang yaitu, Bidang Tilawah, Bidang Hifdzil Qur’an, Bidang Tafsir Al-Qur’an dan Bidang Makalah Ilmiah, dari keempat bidang MTQ yang diperlombakan terdiri dari 15 cabang lomba dengan kategori golongan Putra dan Putri, Utusan masing-masing Kecamatan sebanyak 30 orang khalifah yang didampingi oleh 3 orang Official.

Pelaksanaan Perlombaan di 6(enam) lokasi terdiri dari :
1. Cabang Tilawah Remaja dan Dewasa di Masjidil Ittihad Jl Raya Narogong Km 10 RW 003 RW 001 Kelurahan Bantargebang
2. Cabang Qiro’at Sab’ah dan Qiro’at Mujawwad di Masjid Ar Ridwan Jl Raya Narogong RT 003 RW 001 Kelurahan Bantargebang
3. Cabang Musabaqah Menulis Makalah Ilmiah Al Qur’an di Sekolah Masjid Nurul Huda Jl. Nurul Huda RT 002 RW 006 Kelurahan Bantargebang
4. Cabang Musabaqah Hifzil Quran 10,20,30 Juz di Masjid Nurul Huda RT 002 RW 006 Kelurahan Bantargebang
5. Cabang Tafsir Bahasa Arab, Indonesia dan Inggris di Masjid Al Hidayah Jl Pangkalan 1a RT 001 RW 005 Kelurahan Bantargebang
6. Cabang Musabaqah Hifzil Quran 1 dan 5 Juz di Yayasan Al Amaniyah Jl Amd Rawa Gula RT 002 dan RW 006 Kelurahan Bantargebang. (adv/humas)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin