Persiapan Seleksi KSN Tingkat Nasional

Reva Aurelia Askara
Reva Aurelia Askara

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Reva Aurelia Askara merupakan salah satu siswa SMA yang berhasil melaju ke seleksi Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021 tingkat nasional pada jenjang SMA/MA bidang mata pelajaran Geografi. Kini, siswa SMAN 1 Kota Bekasi ini sedang melakukan persiapan.

Remaja berusia 16 tahun ini mengaku bersyukur atas pencapaiannya sampai sekarang. “Alhamdulillah saya telah melewati rangkaian seleksi, dari mulai seleksi tingkat sekolah, kota, provinsi dan saat ini berhasil melanjutkan ke tingkat nasional,” ungkapnya.


Reva -begitu ia disapa- saat ini sedang diikutsertakan oleh pihak sekolah untuk mengikuti pelatihan melalui Lembaga Olimpiade Pendidikan Indonesia (LOPI).

Selain itu, dirinya mengikuti try out Geografi untuk menguji kemampuannya serta mengerjakan latihan-latihan soal Geografi di internet dari KSN tahun- sebelumnya.


Ia mengaku merasa canggung mengikuti KSN 2021 meskipun ajang ini bukan pertama kali diikutinya. Ajang serupa pernah diikuti oleh pelajar ini saat masih duduk di bangku SMP.

“Grogi pasti meskipun ini merupakan event yang juga pernah saya ikuti saat masih SMP. Karena setiap event menurut saya punya tantangan tersendiri dalam menghadapinya,” katanya.

Dukungan dari berbagai pihak, seperti kedua orang tua, kerabat serta pihak sekolah membuatnya lebih semangat untuk memberikan hasil maksimal saat KSN 2021.

“Benar-benar semangat karena banyak yang support, tentu dukungan ini tidak ingin saya sia-siakan. Karena banyak orang yang menunggu keberhasilan aku dalam event KSN tahun ini,” katanya.

Ia menargetkan dapat meraih medali emas dalam KSN 2021. Dengan demikian dapat mengharumkan nama Kota Bekasi umumnya dan sekolah khususnya. (dew)