Maksimal Belajar

Kiara Zikra Chairunnisa Sulaiman
Kiara Zikra Chairunnisa Sulaiman

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Belajar merupakan kewajiban utama yang harus dilakukan oleh Kiara Zikra Chairunnisa Sulaiman sebagai pelajar. Karena itu, dirinya selalu berusaha maksimal dalam mengikuti pembelajaran di sekolah.

Seperti pelajar pada umumnya, siswa kelas XII SMAN 1 Kota Bekasi memiliki mata pelajaran yang paling digemari. Yakni Biologi sebagai mata pelajaran favoritnya di sekolah.


“Umumnya pelajar itu harus menguasai seluruh mata pelajaran yang ada, tetapi tentu kita sebagai seorang pelajar memiliki mata pelajaran khusus yang digemari,” ungkap Kiara- begitu sapaan akrabnya.

Bagi remaja berusia 17 tahun ini, Biologi merupakan mata pelajaran yang cukup unik. Pasalnya dalam praktek ia bisa melihat dalam kehidupan sehari-hari seperti hewan dan tumbuhan yang ada di sekelilingnya.


“Kita bisa lihat interaksi hewan terus kebiasaannya dan ciri-ciri dari tumbuhan yang dipengaruhi sama habitatnya. Senang aja bisa melihat praktiknya tanpa jauh-jauh,” ujarnya.

Dalam belajar, Kiara selalu melihat referensi video mengenai dokumentasi hewan. Menurutnya, dengan sistem belajar seperti itu membuatnya dapat lebih mudah untuk memahami materi pembelajaran.

“Pahami konsepnya jangan apa-apa nya dihafal, ini sih yang aku terapin sekarang. Selain itu aku sering liat film dokumenter biologi kayak nat geo wild terus ningkatin rasa penasaran juga,” tuturnya.

Guna mengasah kemampuannya, dirinya beberapa kali mengikuti ajang perlombaan. Antara lain, Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP 2018 masuk dalam 10 besar dan Olimpiade Sains Al-Azhar 2018 mendapatkan medali perunggu.

“Ikut event buat ngasah kemampuan aja, saat ini juga aku sedang mempersiapkan KSN tingkat nasional di SMA. Menurut aku kalau ada kesempatan kenapa gak diambil,” kata pelajar yang bercita-cita ingin menjadi dokter. (dew)