Vaksinasi Anak di Jakarta Utara akan Digelar di Setiap Kelurahan

Vaksinasi Anak di Jakarta Utara akan Digelar di Setiap Kelurahan

RADARBEKASI. ID, JAKARTA – Setiap kelurahan di Jakarta Utara akan melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun hingga target 204.009 anak tervaksin COVID-19 jenis Sinovac di wilayah itu bisa tercapai.

“Akan dilaksanakan di seluruh kelurahan. Masing-masing kelurahan kita kerjakan sampai selesai, baru sekolah-sekolah berikutnya,” ujar Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, saat meninjau pencanangan (kick off) vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun di SD Negeri Pegangsaan Dua 07 Pagi, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (14/12).


Bersama jajaran Pemkot Jakarta Utara, Ali memastikan pelaksanaan vaksinasi perdana bagi anak-anak sekolah di wilayahnya berjalan dengan baik.

“Hari ini kita di SDN 07 Pegangsaan Dua, Kelapa Gading. Kita laksanakan pencanangan (kick off) vaksinasi untuk anak-anak sekolah usia 6 sampai 11 tahun,” kata Ali.


Vaksinasi Selasa ini menyasar anak-anak sekolah dasar di enam kecamatan di Jakarta Utara.

Berdasarkan data Sudin Dukcapil Jakarta Utara, terdapat total 204.009 anak usia 6-11 tahun calon penerima vaksin.

Ali mengatakan, untuk menyasar semua anak-anak yang terdata, pihaknya akan menggelar vaksinasi ini pada setiap kelurahan.

Sekolah dijadikan lokasi vaksinasi lantaran fasilitasnya yang memadai.

Ketersediaan ruangan kelas serta area parkir menjadi pertimbangan penting sebelum menggelar vaksinasi di lingkungan sekolah.

Selain itu, orangtua masing-masing murid juga masih bisa mendampingi buah hatinya dalam menjalani vaksinasi ini.

“Jadi, tidak ada masalah dan kita kerjakan di sekolah-sekolah. Rencananya nanti satu sekolah selesai, pindah ke sekolah lain termasuk swasta,” kata Ali.

Adapun vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun menggunakan jenis vaksin Sinovac.

Petugas pemberi vaksin melibatkan tenaga kesehatan dari setiap Puskesmas di wilayah kerja masing-masing.

Sebagai awal digelarnya vaksinasi anak usia 6-11 tahun, di Kecamatan Penjaringan akan berlangsung di SDN 01 Pejagalan, Kecamatan Pademangan di SDN 05 Pademangan Timur, sementara untuk Kecamatan Tanjung Priok di SDN 01 Kebon Bawang.

Untuk wilayah Kecamatan Kelapa Gading pelaksanaannya akan bertempat di SDN 07 Pegangsaan Dua, Kecamatan Cilincing di SDN 04 Sukapura, sedangkan di Kecamatan Koja bakal dibuka pada tiga sekolah, yaitu SDN 01, SDN 02, dan SDN 05 Lagoa. (wsa)