Nasional

Ini Jurus Presiden Jokowi Tangkal Omicron

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo setidaknya menyampaikan enam pesan kepada jajarannya dan masyarakat Indonesia menyusul masuknya varian baru Omicron ke tanah air.

Jokowi mengharapkan pesan itu diterapkan agar varian baru tidak menyebar luas di Indonesia.

1. Waspada! Tetapi Jangan Panik
Presiden Joko Widodo meminta masyarakat mewaspadai varian Omicron yang terdeksi sudah masuk ke Indonesia. Namun, dia mengimbau masyarakat Indonesia agar tetap tenang menghadapi fenomena tersebut. “Waspada penting, tetapi jangan perkembangan ini membuat kita panik,” kata Jokowi melalui akun Sekretariat Presiden di YouTube, Kamis (16/12).

2. Menekan Penyebaran Omicron Tanggung Jawab Bersama Presiden Jokowi menyadari varian Omicron memang sulit dicegah penularannya di Indonesia karena varian Covid-19 itu memiliki tingkat penularan yang tinggi.

Namun, Presiden Jokowi mengingatkan bahwa masyarakat juga memiliki kendali untuk mencegah tertular Omicron.

“Sekarang yang harus kita lakukan adalah bersama-sama berupaya sekuat tenaga agar varian Omicron tidak meluas di tanah air. Jangan sampai terjadi penularan lokal,” kata Jokowi.

3. Masyarakat Harus Vaksinasi Penuh agar Terlindungi Dampak Omicron

Presiden Jokowi menilai varian Omicron tidak akan berdampak ganas terhadap orang yang telah menerima vaksin.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu mengajak masyarakat segera menerima vaksininasi penuh dengan mendatangi fasilitas-fasilitas yang sudah disediakan.

“Sejauh ini, varian Omicron belum menunjukkan karakter yang membahayakan nyawa pasien, tertutama pasien yang sudah mendapatkan vaksin,” kata Jokowi.

4. Prokes Jangan Kendor Presiden juga mengharapkan masyarakat makin meningkatkan kedisiplinannya mengenai penerapan protokol kesehatan.

Jokowi mengingatkan situasi kasus Covid-19 di dalam negeri masih di angka normal. Jokowi menginginkan angka reproduksi (Rt) kasus Covid-19 Indonesia tetap di angka satu.

“Saudara-saudara semuanya jangan kendor menerapkan protokol kesehatan,” tegas Jokowi.

5. Pejabat Jangan Keluar Negeri

Mantan Wali Kota Solo itu juga meminta pejabat negara tidak bepergian ke luar negeri di saat masifnya penyebaran varian Omicron di dunia.

Dia menilai hal tersebut demi kebaikan bersama. “Saya minta seluruh warga dan pejabat negara untuk menahan diri tidak bepergian ke luar negeri, paling tidak sampai situasi mereda,” kata Jokowi.

6. Pemda Tingkatkan 3T  (jpnn)

Related Articles

Error, no group ID set! Check your syntax!
Back to top button