Leg 1 Semifinal Piala AFF: Indonesia Vs Singapura Berakhir Imbang

Para pemain Indonesia merayakan gol yang dicetak Witan Sulaeman. Foto: PSSI

RADARBEKASI.ID, SINGAPURA – Timnas Indonesia gagal menaklukkan Singapura di leg pertama Piala AFF 2020. Sempat unggul terlebih dahulu, Indonesia hanya bermain imbang dengan skor 1-1 dalam duel yang digelar di National Stadium, Kallang, Rabu (22/12) malam WIB.

Gol tunggal Timnas Indonesia diceploskan Witan Sulaeman di menit 28 babak pertama. Sedangkan gol balasan Singapura disarangkan oleh Ikhsan Fandi di menit 69.


Di awal babak pertama, baik Singapura maupun Indonesia sama-sama tampil bertahan. Mereka menurunkan lima pemain bertahan di lini belakang. Duel awalnya berlangsung seimbang.

Namun, Indonesia mampu memperagakan serangan balik yang sangat efektif. Kelincahan para pemain Indonesia membuat Singapura kerepotan. Namun tak ada peluang yang benar-benar berbahaya dalam 10 menit pertama.


Menit ke-18, Indonesia mampu membongkar pertahanan Singapura. Witan menusuk masuk ke kotak penalti dan kemudian melepas tendangan keras dengan kaki kirinya. Sayang bola masih melambung tinggi.

Menit ke-22, Singapura mendapat peluang apik. Baharudin menanduk bola hasil free kick dari lini tengah. Bola mengarah ke pojok kiri gawang Indonesia namun bisa ditepis Nadeo.

Menit ke-28, Indonesia akhirnya mencetak gol lewat serangan balik dari sisi kanan. Asnawi melakukan umpan satu dua dengan Witan.

Bek Ansan Greeners itu berhasil masuk ke kotak penalti dan kemudian memberikan umpan balik pada Witan, yang dengan sekali tendangan berhasil menjebol gawang Singapura. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, pelatih timnas Shin Tae-yong melakukan dua pergantian sekaligus. Ezra Walian dan Elkan Baggott dimainkan. Mereka menggantikan Dedik Setiawan dan Rizky Ridho.

Namun, pergantian ini tak membawa perubahan signifikan. Justru Singapura acapkali mengancam gawang Indonesia.

Di menit ke-49, Singapura membuat pemain belakang Indonesia sport jantung. Ikhsan Fandi mencuri bola dari Arhan dan mengecoh dua bek sebelum melepas tendangan datar dari jarak dekat. Bola cuma melintas saja di depan gawang dan keluar lapangan.

Unggul penguasaan bola, Singapura meningkatkan tempo permainan. Sejumlah peluang berbahaya sempat mengancam gawang Indonesia.

Situasi sulit ini memaksa Shin Tae-yong memasukkan Evan Dimas dan menarik Rian keluar. Pergantian ini, membuat permainan Garuda sedikit membaik.

Sayangnya pada menit ke-69, Singapura justru mencetak gol balasan. Ramli melancarkan serangan balik dan memberikan umpan pada Ikhsan Fandi, yang lolos dari jebakan offside Indonesia. Ikhsan kemudian mengalahkan Nadeo dalam duel satu lawan satu.

Laga Singapura vs Timnas Indonesia pun berakhir imbang 1-1. Kedua tim akan bermain lagi di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 pada 25 Desember 2021.

Susunan Pemain
Singapura (5-3-2): Sunny; Nazari, Fandi, Baharudin, Arifin, Abdullah; Song, Sulaiman, Harun; Ramli, Fandi.
Pelatih: Tatsuma Yoshida
Indonesia (5-4-1): Nadeo; Asnawi, Fachrudin, Dewangga, Rizki Ridho, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, R. Irianto, R. Kambuaya, Irfan Jaya; Dedik Setiawan.
Pelatih: Shin Tae-yong
(wsa)