Berkarya Pede Lolos Verifikasi

ILUSTRASI : Sejumlah kader Partai Berkarya Kota Bekasi saat foto bersama. Partai berkarya optimis lolos verifikasi factual oleh KPU Kota Bekasi.ISTIMEWA/RADAR BEKASI
ILUSTRASI : Sejumlah kader Partai Berkarya Kota Bekasi saat foto bersama. Partai berkarya optimis lolos verifikasi factual oleh KPU Kota Bekasi.ISTIMEWA/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – DPD Partai Berkarya Kota Bekasi, mengaku optimis dan Percaya Diri (Pede) mampu lolos menjadi partai politik (parpol) peserta di Pemilu 2024 mendatang. Bahkan, jajaran pengurus partai mengaku sudah tidak sabar menjalani proses verifikasi administrasi faktual dari KPU guna memastikan dalam keikutsertaan pada pesta Demokrasi lima tahunan tersebut.

“Jadi, semua bahan untuk verifikasi oleh KPU itu sudah lengkap dan disiapkan, dan kalau masih ada yang kurang tinggal kita lengkapi lagi saja. Intinya kita cuma tinggal menunggu tahapannya sajalah ya,” kata Sekretaris DPD Partai Berkarya Kota Bekasi, Iwan Supriyana kepada Radar Bekasi, Senin (28/12).


Dia mengaku, persyaratan yang telah disiapkan dalam menghadapi tahapan yang akan dilakukan oleh penyelenggara Pemilu yakni, struktur kepengurusan yang sudah lengkap di tingkat DPD dan DPC (kecamatan), dan sekitar 50 persen pengurus di tingkat kelurahan, termasuk keanggotaan yang saat ini sudah melebihi jumlah sesuai dengan syaratnya.

“Yang pasti untuk persoalan persyaratan sih sudah tidak ada masalah, dan kami optimis sekali dapat lolos verifikasi untuk mengikuti Pemilu 2024. Bahkan, untuk jumlah anggota sendiri kita sudah lumayan lah, karena kita ini kan tinggal melakukan verifikasi ulangan aja dari modul Pemilu 2019 lalu dengan total 21 ribu keanggotaan,” ungkapnya.


Lebih jauh, diakui Iwan, partainya saat ini pun hanya berupaya untuk focus menyelesaikan kelengkapan pengurus di tingkat kelurahan yang saat ini baru terbentuk 50%. Dirinya pun menyebut, bahwa proses pembentukan dari kepengurusan di 56 kelurahan ini ditargetkan selesai sebelum proses tahapan verifikasi itu digelar oleh KPUD Kota Bekasi, meskipun tak menjadi syarat yang harus dilengkapi.

“Untuk kepengurusan di tingkat kelurahan se-Kota Bekasi ini kami targetkan clear sebelum tahapan verifikasi lah ya, tapi ini bukan untuk kelengkapan dari syarat verifikasi, karena jika sesuai syarat verifikasi itu yang kami siapkan itu sudah diatas batas minimum lah ya. Jadi, tujuan pembentukan kepengurusan itu upaya kami memperkuat mesin partai hingga akar rumput,” terangnya.

Mantan caleg Partai Demokrat di Pileg 2019 Kota Bekasi menambahkan, sejauh ini untuk kepengurusan tingkat kelurahan yang sudah terbentuk masing-masing, yakni kelurahan di kecamatan Bekasi Timur, Rawalumbu, Bekasi Barat, dan Bantargebang. Tapi ada pula dari satu kecamatan belum sama sekali, seperti Pondok Melati dan Jatisampurna. Selain itu, dari satu kecamatan terbentuk satu atau dua kelurahan dari total yang ada.

“Terakhir yang kami beri SK itu 4 kelurahan di Bantar Gebang dan Bekasi Timur, sementara sisanya masih proses seperti di Bekasi Utara yang baru selesai dua dari 6 kelurahan yang ada. Tapi sebetulnya kandidatnya sih sudah ada, cuma kita perlu penguatan, dan prospek lebih lanjut untuk keyakinan dan pemahaman terhadap ideologi Partai lah ya agar semakin solid dan siap berjuang,” tandasnya. (mhf)