FKIP UNISMA Helat KMD

ANTUSIAS: Sejumlah mahasiswa antusias mengikuti KMD di Gedung UNISMA Bekasi. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI -Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam 45 (UNISMA) Bekasi menghelat kursus pembina pramuka mahir tingkat dasar (KMD) bertajuk “Ikhlas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana” di Gedung Kampus UNISMA.

Rektor UNISMA Bekasi Hermanto mengatakan, bahwa kegiatan Pramuka dapat membentuk karakter, berkehidupan sosial yang tinggi, kehidupan environment yang tinggi, dan ketakwaan terhadap Allah SWT.


“Kegiatan Pramuka ini dapat membentuk karakter mahasiswa dalam berkehidupan sosial,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Kamis (3/3).

Dengan adanya KMD, kata dia, dapat menciptakan lulusan yang siap berdaya saing secara global, berkarakter, serta mampu menciptakan nuansa bermain sambil belajar dalam kegiatan di dalam maupun luar ruangan.


“Kegiatan ini sangat bagus untuk melahirkan pembina pramuka yang berkompeten dan profesional sesuai dengan bidangnya,” tuturnya.

Sementara Penanggung Jawab KMD Rini Endah Sugiharti menyampaikan, kegiatan kursus ini diselenggarakan sejak 28 Februari sampai 6 Maret 2022. “Kurang lebih kegiatannya selama satu minggu dan tiga hari terakhir kami mengadakan camping dengan tetap menerapkan prokes,” ucapnya.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 225 mahasiswa FKIP dari program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, dan Geografi. Adapun materi yang disampaikan meliputi, metode pembinaan, ketangkasan Pramuka, berkemah dan belajar syarat kecakapan umum, serta syarat kecakapan khusus.

“Mahasiswa bisa mendapatkan materi dasar mengenai organisasi Pramuka ini,” ujarnya. (dew)