Tiga Tahun Menjadi Asdos

Chikka Scania Nugroho

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Chikka Scania Nugroho, mahasiswa jurusan Psikologi Universitas Islam 45 (UNISMA) Bekasi ini telah menjadi asisten dosen (asdos) sejak 2018 saat ia semester tiga hingga 2021. Banyak pengalaman yang didapatkannya selama kurang lebih tiga tahun menjadi asdos.

Pada 2018 sampai 2020, Chikka-begitu ia disapa- menjadi asdos mata kuliah Biopsikologi pada kelas A dan B. Kemudian pada 2020 – 2021 ia menjadi asdos mata kuliah Asesmen Psikologi Anak dan Remaja pada kelas B.


Dirinya mengaku tidak tahu mengenai persyaratan tertentu untuk menjadi asdos. “Persyaratan tertentu ga tau sih ya soalnya kaprodi ku dulu pernah bilang ‘Semua mahasiswa itu berkesempatan menjadi asisten dosen’,” ujarnya, Senin (21/3).

“Selama ini aku ditunjuk langsung ya sama dosen atau diminta langsung, jadi nanti suka langsung tiba-tiba dimasukin ke grup asdos sama dosennya,” jelasnya.


Banyak pengalaman yang Chikka dapatkan ketika menjadi asdos selama ia kuliah. “Pengalaman banyak si, apalagi kalo di Psikologi kan ada belajar tentang tes ya, itu yang mata kuliah Asesmen Psikologi Anak dan Remaja. Nah itu bener-bener best experience banget buat aku selama ngasdos karena belajarnya tentang manusia langsung kan. Belajar tentang alat tes Psikologi juga dah gitu belajar bagaimana kita mencoba observasi dan analisa kognitif behaviournya manusia,” paparnya.

Ia membagikan caranya mengatur waktu selama berkuliah sekaligus menjadi seorang asisten dosen. “Ngebagi waktu ga terlalu sulit sih karena meng sambil berjalannya waktu aja. Paling juga kalau untuk urusan asdos itu ada yang namanya periksa laporan, aku kerjain di jam yang aku sendiri sudah atur kaya malam hari atau sepulang kuliah,” pungkasnya. (mg3)