Menjadi Pondasi yang Sangat Kuat, Edelweiss School Raih Sertifikat ISO 21001:2018

FOTO BERSAMA: Sejumlah pengurus dan guru Yayasan Sinar Putih Edelweiss, Kepala Disdik Kota Bekasi Inayatullah, dan jajaran PT TUV Nord Indonesia saat melakukan foto bersama. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Edelweiss School yang dikelola oleh Yayasan Sinar Putih Edelweiss meraih sertifikat International Organization for Standardization (ISO) 21001:2018 tentang Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan dari PT TUV Nord Indonesia.

Sertifikat ini baru pertama kali diterima oleh SD di Kota Bekasi. Dengan demikian menjadikan Edelweiss School sebagai percontohan bagi sekolah lainnya di wilayah setempat.


“Diberikannya sertifikat ISO 21001:2018 ini, saya ingin sekolah bisa dirunning oleh sistem bukan dari orang per orang. Karena kalo di running dari orang per orang tidak akan konsisten kualitas pelayanannya, beda dengan sistem,” ujar Ketua Yayasan Sinar Putih Edelweiss Juarsa Oemardikarta, Kamis (24/3).

ISO tersebut akan menjadi pondasi yang kuat untuk mengembangkan sekolah. Rencananya, Edelweiss School akan menambah program pendidikan hingga jenjang SMP dan SMA.


“Amanah dari ketua pembina kami adalah bagaimana Edelweiss School ini bisa berkembang di luar Kota Bekasi dan juga bisa menambah program pendidikannya. Sehingga penyerahan sertifikat ini akan menjadi pondasi yang sangat kuat buat kami,” katanya.

Selain itu, ISO 21001:2018 dapat membantu sekolah untuk menjalankan organisasi sesuai dengan standar. Dengan begitu, pihaknya memastikan kualitas Edelweiss School tidak berubah.

Ia optimis, diraihnya ISO ini akan membuat Edelweiss School lebih dipercaya oleh masyarakat. “ISO ini skalanya internasional, jadi kredibilitas sekolah juga akan semakin dipercaya oleh masyarakat. Disini kita juga harus memberikan contoh kalo sekolah di Kota bekasi mengadopsi Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan (SMOP) yang berbasis ISO,” ucapnya.

Vice President PT TUV Nord Indonesia Dony Moehardono Donatianus menyampaikan, Edelweiss School layak untuk mendapatkan sertifikat ISO 21001:2018. Hal itu berdasarkan audit peserta didik, kurikulum, kompetensi guru, pengelolaan infrastruktur dan standar kompetensi.

“Setelah mengikuti audit tahap satu dan tahap kedua dengan hasil yang memuaskan, Yayasan Sinar Putih Edelweiss layak untuk mendapatkan sertifikat tersebut,” katanya. Dengan diterima sertifikasi tersebut, diharapkan Edelweiss School bisa semakin maju dan bermutu dengan menjaga komitmen dan integritas.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi Inayatullah menambahkan, diraihnya ISO oleh Edelweiss School menjadi bukti bahwa sekolah milik Yayasan Sinar Putih Edelweiss tersebut punya komitmen kuat dalam penyelenggaraan pendidikan khususnya di bidang pendidikan usia dini dan sekolah dasar.

“Ini sangat bagus, dimana Edelweiss School bisa menjadi contoh bagi sekolah lain. Khususnya bagi sekolah di Kota Bekasi,” ujarnya. (dew)