Bentuk Panitia Khusus, SMAN Persiapan Seleksi Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Nasional

ILUSTRASI: Siswa SMAN 1 Bekasi mengikuti apel di halaman sekolah. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – SMAN tengah melakukan persiapan untuk mengikuti seleksi program Sekolah Adiwiyata tingkat mandiri dan nasional 2022. Pendaftaran seleksi ini akan dibuka pada Mei.

Kepala SMAN 1 Cikarang Pusat Sayuti mengatakan, pihaknya telah menerima sosialisasi seleksi program Sekolah Adiwiyata tingkat mandiri dan nasional 2022.


“Kami sudah diberikan informasi mengenai seleksi Sekolah Adiwiyata dan sosialisasinya baru diberikan secara mendasar,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Selasa (29/3).

Dari hasil sosialisasi yang diterima, jelas dia, seleksi sekolah Adiwiyata akan dinilai dari empat komponen. Yaitu, komponen kebijakan berwawasan lingkungan, komponen pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, komponen kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan komponen pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan.


Pada tahun ini, SMAN 1 Cikarang Pusat akan mengikuti seleksi program Sekolah Adiwiyata tingkat mandiri. Saat ini, persiapan sudah mulai dilakukan.

“Kami akan membentuk panitia kesiapan seleksi Sekolah Adiwiyata dan kemudian menyiapkan beberapa dokumen yang harus disiapkan,” ucapnya.

Sementara Kepala SMAN 1 Sukakarya Acep Hadi menyampaikan, sekolahnya akan mengikuti seleksi Sekolah Adiwiyata tingkat nasional.

“Sekolah kami tahun ini akan mengikuti seleksi Sekolah Adiwiyata tingkat nasional. Ada beberapa hal dari empat komponen penilaian yang harus kami benahi,” ucapnya.

Komponen yang akan diperbaiki ialah pembentukan kader Sekolah Adiwiyata yang di dalamnya akan dibentuk tim khusus dari beberapa stakeholder seperti guru dan siswa.

“Rencananya sekolah saya akan membentuk kader sebanyak 290 yang terdiri dari siswa dan guru,” katanya. (dew)