Berita Bekasi Nomor Satu

Masih ‘Ngarep’ jadi Bupati Definitif

Akhmad Marjuki.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kesempatan Akhmad Marjuki menjadi bupati definitif pupus, setelah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi menggelar paripurna pengusulan pemberhentian jabatan orang nomor satu di Kabupaten Bekasi ini, Jumat (22/4/2022). Kendati demikian, Akhmad Marjuki masih berharap bisa di defitiif kan hingga berakhir masa jabatan pada 22 Mei 2022 nanti.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bisa sesuai apa yang kita minta untuk dijadikan definitif,” ungkap Akhmad Marjuki, kemarin.

Meski demikian, dia mengaku patuh dengan keputusan DPRD Kabupaten Bekasi yang sudah mengusulkan pemberhentian lewat sidang paripurna, pekan lalu,”Saya menghormati keputusan tersebut,”tegasnya.

Ketua DPRD Kabupaten Bekasi BN Holik Qodratulloh mengaku, tugasnya sudah selesai. Namun demikian, Politisi Partai Gerindra ini mengungkapkan, persoalan definitif tergantung dari yang bersangkutan, yakni Akhmad Marjuki.”Dalam hal ini tergantung Pa Akhmad Marjuki, karena setelah ini tugas kami (DPRD) selesai,” tuturnya.

Dirinya menjelaskan, rapat paripurna yang dilakukan ini sebagai bentuk implementasi DPRD yang menjaga marwah lembaga. Berdasarkan kesepakatan bersama paripurna dilaksanakan paling lambat 30 hari sebelum masa jabatan Plt Bupati selesai. “Sebagai adat orang timur, terkadang kalau kita begitu cepat melakukan rapat, takut ada kesan ada apa. Ko terburu-buru banget,” ungkapnya.

Untuk menghindari pandangan negatif, DPRD berkoordinasi dan berkonsultasi ke provinsi maupun Kemendagri. “Arahannya, dilaksanakan maupun tidak proses pasti berjalan. Maka kita menyimpulkan tetap melaksanakan agar ada pijakan buat kami,” jelasnya.

Setelah melakukan paripurna, pihaknya langsung berkirim surat untuk menyampaikan apa yang menjadi kewajiban. Terkait dengan hal ini, selanjutnya domain eksekutif. Mungkin Gubernur dan Kemendagri punya pandangan yang layak untuk menjadi Pj. Mengingat tidak ada ketentuan untuk DPRD mengusulkan.

“Ini domain Kemendagri. Justru dengan adanya surat ini menunjukan ada rasa kesungguhan dan keinginan supaya Bekasi kondusif,” jelasnya. (pra)

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin