Pastikan Rumah dalam Kondisi Aman

TINGGALKAN BEKASI: Sejumlah penumpang berjalan menuju bus di Terminal Induk Bekasi, Sabtu (23/4). Sepekan jelang lebaran terminal bekasi sudah ramai di penuhi calon pemudik.RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Menyambut Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah yang tinggal menghitung hari. biasanya banyak dari masyarakat yang sudah mulai mempersiapkan diri mudik ke kampung halaman.

Melakukan perjalanan mudik lebaran biasanya akan menghabiskan waktu yang cukup lama. Alhasil, rumah akan ditinggalkan dalam keadaan kosong selama beberapa hari. Hal ini perlu diwaspadai dan memastikan rumah dalam kondisi aman sebelum ditinggal karena rawan tindak pencurian dan lainnya.


Lurah Jatiasih Sakum Nugraha, mengimbau bagi warganya yang melakukan mudik lebaran memastikan keadaan serta kondisi rumah sebelum melakukan perjalanan mudik.

“Bagi para warga Jatiasih yang melakukan mudik jangan lupa menitipkan rumahnya, jangan sampai euforia mudik jadi lupa sama keadan dan kondisi rumahnya masing-masing,” ucapnya kepada Radar Bekasi.


Adapun pihak Kelurahan melalui Kecamatan sudah bekerjasama dengan menugaskan Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bimaspol, dan karang taruna untuk memantau setiap harinya khususnya di wilayah warga.

“Kita sudah koordinasikan dengan tiga pilar untuk kecamatan Jatiasih melalui Babinsa, Bimaspol, dan karang taruna kita libatkan juga. Intinya karang taruna kebanyakan orang sini asli juga bisa membantu sama-sama keamanan,” jelasnya.

Sebelumnya Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Hengki, sudah menghimbau kepada warga Kota Bekasi yang melakukan mudik hendaknya memberi pengamanan ganda kediamannya. Salah satunya dengan menambah kunci pengaman.

“Tambah kunci pengaman di rumah-rumah agar terhindar dari kasus-kasus pencurian,” ujarnya.

Selain itu Hengki menyarankan bagi pemilik rumah untuk mengunci ganda kendaraan bermotornya. Termasuk kendaraan bermotor yang digunakan untuk mudik nanti.

“Kendaraan yang ada juga ditambah kunci pengaman jika ditinggal, termasuk juga saat dibawa itu,” pungkasnya.

Polres Metro Bekasi Kota sudah menyediakan tempat penitipan barang untuk kendaraan selama Lebaran tahun ini. Hal ini untuk mengantisipasi pencurian rumah kosong saat ditinggal pemiliknya saat mudik.

Hengki menjelaskan bagi warga Kota Bekasi yang akan menitipkan barangnya seperti, kendaraan bermotor harus dilengkapi dengan surat-surat kendaraan, yang nantinya polisi akan memberikan tanda terima untuk warga yang menitipkan barang tersebut.

“Bagi masyarakat yang khawatir kendaraan yang ditinggal mudik, ada persyaratan kalau mau bisa dititipkan di Polsek, syarat seperti sepeda motor ya harus dilengkapi surat-surat seperti STNK, BPKB, dan juga tanda terima yang tentunya disiapkan oleh polsek dan Polres,” kata Hengki.

Adapun pihaknya akan melakukan patroli rutin menjelang Lebaran. Karena pada saat itu banyak rumah-rumah yang kosong ditinggalkan pemiliknya saat mudik.

“Setiap hari tidak kenal lelah kita akan melakukan patroli mulai pagi, siang hari, malam hari, Subuh, guna melakukan pencegahan gangguan kamtibmas untuk memberikan rasa aman untuk warga Kota Bekasi,” tutupnya. (cr1).