Posyan Layani Vaksin Booster

POSKO PELAYANAN: Gerai vaksin terlihat di posko pelayanan mudik lebaran 2022 di Stasiun Bekasi yang didirikan 23 April hingga 9 Mei 2022. MG4/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sejumlah posko mudik sudah didirikan Polres Metro Bekasi Kota sejak 23 April hingga akhir arus balik 9 Mei mendatang. Salah satu pos pelayanan (Posyan) kini memiliki program tambahan seiring adanya Pandemi Covid-19.

Ya, pelayanan tambahan yakni penyediaan vaksinasi bagi para pemudik yang belum divaksin, utamanya vaksin ketiga atau booster. Seperti Posyan yang berada di dekat Stasiun Bekasi.


”Selain melaksanakan pelayanan bagi masyarakat yang akan pergi (mudik) naik kereta api, kita juga memberikan pelayanan vaksin booster bagi yang belum melaksanakan booster” ujar AKP M. Damanik, selaku Kepala Pos Pelayanan Stasiun Bekasi Kota.

Untuk pos pelayanan di Stasiun Bekasi, akan diisi oleh empat petugas dari Polri, dan Dinas Kesehatan Kelurahan Margamulya, namun untuk kedepannya akan ditambahkan petugas dari Dishub, Satpol PP dan Pramuka.


Lanjut Damanik, Pos Pelayanan di Stasiun Bekasi ini juga buka 24 jam, dengan
sistem shift untuk para petugas yang menjaga Posyan.

”24 Jam Posyan ini pelayanannya, kita melayani dari pagi ketemu pagi lagi, karena anggota bergantian, bershift,” tambahnya.

Dijelaskannya posko didirikan lebih awal menyusul ada imbauan untuk mudik lebih awal guna menghindari penumpukkan atau titik kemacetan. Posko mulai didirikan 23 April hingga 9 Mei mendatang, dengan tujuan memberikan pelayanan bagi masyarakat yang melakukan mudik lebaran terutama di Stasiun Bekasi Kota.

”Posyan (Pos Pelayanan) Stasiun Bekasi mulai dari tanggal 23 April sampai 9 Mei 2022, untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat, terlebih sesuai dengan himbauan pemerintah di infokan datang lebih awal jadi kita harus mengantisipasi, memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat” paparnya.

Di Kota Bekasi, pos pelayanan mudik ada dua yaitu di Stasiun Bekasi dan Terminal Bekasi yang merupakan pusat bagi warga yang ingin melakukan kegiatan mudik lebaran. Selain pos pelayanan, terdapat pula pos pengamanan yang didirikan di beberapa tempat.

”Untuk Posyan ada dua, yaitu di Terminal Bekasi dan Stasiun Kereta Api Bekasi, selain ada Posyan kita juga ada Pospam (Pos Pengamanan), ada di Harapan Indah, Sumber Arta, Tongyang, dan di Sasak Papan,” pungkasnya.(mg4/mg5/mg6).