Tumpas Jepang, Indonesia ke Final Piala Thomas

Mohammad Ahsan (kanan) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo (kiri). Foto: Antara

 

RADARBEKASI.ID, BANGKOK – Tim Thomas Indonesia kembali melaju di final setelah secara dramatis menang atas Jepang di babak semifinal dengan skor 3-2 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Jumat (13/5).


Di final, Indonesia akan meladeni kuda hitam India yang menang atas Denmark, juga dengan skor 3-2. Final akan digelar Minggu (15/5) besok.

Shesar Hiren Rhustavito kembali mengulangi perannya sebagai pemain penentu Merah Putih menuju babak final Piala Thomas, setelah mengalahkan wakil Jepang Kodai Naraoka di babak semifinal, Sabtu dini hari.


Tampil di partai tunggal ketiga, Shesar mencetak skor 21-17, 21-11 atas pebulu tangkis peringkat ke-48 dunia dan membawa Indonesia unggul 3-2 atas Jepang.

Indonesia sempat unggul 2-0 lewat tunggal Anthony Sinisuka Ginting dan ganda Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya sebelum disamakan Jepang lewat Kenta Nishimoto dan Akira Koga/Yuta Watanabe.

Ginting sukses menundukkan pebulu tangkis peringkat dua dunia, Kento Momota berkat strategi bermain sabar pada partai pembuka.

Meski harus memainkan laga rubber game, namun Ginting membukukan skor 21-13, 14-21, 21-12 setelah berjuang selama 82 menit, sekaligus membawa Indonesia unggul 1-0 atas tim Jepang.

Kemenangan pasangan Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo di partai kedua atas Takuro Hoki/Yugo Kobayashi membawa Indonesia unggul 2-0 atas Jepang.

Wakil Indonesia harus terlibat pertandingan tiga game yang berlangsung ketat sebelum akhirnya mencatatkan skor 22-20, 8-21, 24-22 di menit ke-66.

Jonatan Christie gagal mengunci kemenangan penentu bagi Indonesia, setelah dikalahkan Kenta Nishimoto 20-22, 13-21 pada partai ketiga.

Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang turun di laga keempat, juga menghadapi laga penuh drama melawan ganda putra Yuta Watanabe/Akira Koga.

Peringkat ketujuh dunia itu kehilangan game pertama dan membuat comeback di game kedua. Namun, kalah pada game ketiga dengan skor 14-21, 21-13, dan 18-21 sehingga laga pun berlanjut ke tunggal terakhir. (wsa)