Buat Robot Berbahan Kayu dan Triplek

Nova Karisma

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Siswa SMAN 1 Sukakarya bernama Nova Karisma (16) ini sedang membuat robot NK berbahan kayu dan triplek. Karya tersebut akan diikutkan dalam ajang inovasi Kabupaten Bekasi 2022.

Awal, bahan utama dalam pembuatan robot menggunakan kardus. Namun ketika hampir selesai pembuatan, Nova-begitu disapa-mendapatkan masukkan dari guru pembimbingnya agar mengubah bahan utama robot.


“Kata guru pembimbing bahan kardus akan lebih rentang rusak, akhirnya  saya memutuskan untuk ganti menggunakan bahan kayu dan triplek,” ujar pelajar berprestasi ini.

Pembuatan robot dilakukan secara mandiri oleh Nova, tanpa adanya bantuan tim. Adapun proses pembuatan robot sudah dilakukannya sejak awal Juni 2022.


Robot yang dibuat dapat dijalankan menggunakan dinamo dengan dipasangkan perangkat bluetooth. Nova akan merancang robot itu agar dapat berbicara, bernyanyi sehingga bisa menjadi bahan hiburan hingga dijadikan sumber pengetahuan pembelajaran mulai dari menghafal Al-Qur’an.

Dalam proses pembuatan robot, diakuinya tidak menemukan kesulitan yang berarti. Namun beberapa kendala sempat dialami, seperti menyusun alat elektronik dalam karya robotiknya tersebut.

“Kesulitan yang berarti gak ada, tapi memang harus memiliki ketelitian yang lebih dalam pembuatan robotik ini,” katanya.  Ia berharap, karyanya bisa membuahkan hasil yang terbaik. (dew)