SMPIT Avicenna Tingkatkan Kualitas Mutu Pembelajaran dan SDM

FOTO BERSAMA: Guru SMPIT Avicenna foto bersama dengan narasumber setelah In House Training, Rabu (13/7). ISTIMEWA

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sebagai upaya meningkatkan kualitas mutu pembelajaran dan sumber daya manusia (SDM) atau guru, SMPIT Avicenna menghelat In House Training (IHT) Sosialisasi dan Implementasi Kurikulum Merdeka.


Kegiatan ini berlangsung di gedung sekolah, Rabu (13/7). Pelatihan ini bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Bekasi Pengawas Binaan SMPIT Avicenna dalam hal ini sebagai narasumber utama adalah Rahyon Sugianto.

Dalam kesempatan itu, Rahyon menyampaikan tiga materi. Yakni materi Refleksi Pembelajaran Paradigma Baru, Pemahaman CP-TP-ATP, dan Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Semua guru terlibat aktif dalam sesi pemaparan materi, khususnya tentang Kurikulum Merdeka dan perbedaanya dengan Kurikulum 2013 (K-13).


Berdasarkan data Kemendikbudristek, Program Sekolah Penggerak (PSP) angkatan pertama 2021/2022 sudah mulai dijalankan dengan total 2.500 sekolah terpilih dari 111 kabupaten kota yang menjalankan program tersebut dengan menerapkan Kurikulum Merdeka sesuai Kepmendikbudristek No. 56/M/2022 (Pedoman dalam pemulihan pembelajaran).

Kemendikbudristek mempunyai target tambahan 10.000 Sekolah Penggerak baru tahun ajaran 2022/2023, termasuk wilayah Kota Bekasi dimana saat ini sudah ada 13 Sekolah Penggerak untuk jenjang SMP. Saat ini, SMPIT Avicenna bukan termasuk ke dalam kategori Sekolah Penggerak dan belum menggunakan Kurikulum Merdeka.

Kepala SMPIT Avicenna Puji Astuti mengatakan, Kurikulum Merdeka adalah penyempurnaan dari K-13 karena di dalamnya juga ada pembentukan karakter siswa yang juga sesuai dengan enam Profil Pelajar Pancasila. Menurutnya, enam profil tersebut merupakan implementasi dari empat Kompetensi Inti dari K-13.

“Keunggulan lain dari Kurikulum Merdeka yakni mengedepankan proses berbasis projek yang bertujuan menguatkan tumbuhnya karakter Profil Pelajar Pancasila. Dan SMPIT Avicenna insya Allah untuk tahun ajaran depan siap menerapkan karena sejalan dengan visi-misi sekolah kami,” ujar Puji. (oke/pms)