Berprestasi di Bidang Akademik dan Nonakademik

Joandra Khalysha

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Joandra Khalysha (16) merupakan salah satu siswa berprestasi di SMAN 1 Cibitung. Tak hanya di bidang akademik, tetapi juga nonakademik.


Pelajar yang akrab disapa Joan ini mengaku, bersyukur dapat meraih prestasi nonakademik pada tahun lalu. “Alhamdulillah di 2021 kemarin aku dapat medali emas di Kejuaraan Taekwondo Piala Alaikassalam antar Pelajar se-Jawa Barat, terus aku juga dapet juara 3 Lomba Modern Dance Contestation 2021 tingkat SMP dan SMA/SMK se-Pulau Jawa,” ungkapnya.

Joan sudah mulai menekuni dunia Tari sejak masih duduk di bangku SMP. Sedangkan Taekwondo baru ia tekuni sejak masuk SMA, namun sebelumnya sudah memiliki kemampuan bela diri Karate.


Ia mengaku, lebih senang terjun pada dunia Tari dibandingkan Taekwondo. “Kalau Taekwondo tuh aku lebih karena permintaan orangtua sih, soalnya papah sama mamah emang maunya aku nanti pas lulus sekolah bisa masuk di sekolah kedinasan. Jadi Taekwondo bisa jadi bekal aku nantinya,” ungkap Joan.

Dalam mengikuti lomba Tari, Joan lebih sering melakukannya secara berkelompok, namun ada beberapa kompetisi tari yang diikuti secara individu.

Sedangkan untuk lomba Taekwondo, karena ia baru menekuninya sejak SMA, Joandra mengaku baru mengikuti satu kejuaraan namun langsung membawa pulang medali emas.

“Untuk kendala sih paling kalau untuk di seni Tari lebih ke fasilitas ya, soalnya saya kan biasanya nari itu berkelompok jadi butuh fasilitas ruangan yang besar untuk Latihan. Soalnya kalau untuk latihan di luar butuh biaya tambahan. Tapi kalau untuk Taekwondo karena di SMAN 1 Cibitung itu angkatan aku hanya dua orang, jadi kita suka di gabung latihannya dengan sekolah lain yang lumayan jauh dari rumah,” ucap Joan.

Meskipun demikian, Joan dapat menghasilkan prestasi dari keduanya yang pastinya membanggakan pihak sekolah maupun kedua orangtuanya. Tidak hanya prestasi dalam bidang nonakademik, Joan juga termasuk siswa berprestasi dalam bidang akademik. Di sekolah, ia juga termasuk kedalam ranking 10 besar di kelasnya.

Kedepannya Joan berharap, agar prestasinya dapat membantunya untuk masa depannya. Pasalnya, ia ingin mengikuti jejak kakeknya untuk masuk ke sekolah kedinasan.

Tidak hanya itu, Joan juga berpesan agar para adik kelasnya dapat meneruskan atau bahkan mengembangkan prestasi-prestasi yang ia buat agar dapat membanggakan nama sekolah nantinya. Terutama untuk ekstrakulikuler Taekwondo. (cr1)