Usai Sidak, Tiang Utilitas Dipindahkan

TIANG DIPINDAH: Pengendara melintasi jalan yang tiang utilitas-nya sudah dipindah, di Jalan Raya Tegal Danas, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Senin (8/8). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Tak lama Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan melakukan inspeksi mendadak (sidak), tiang PLN dan Telkom (utilitas) yang semula berada di tengah Jalan Tegal Danas, langsung dipindahkan. Saat melihat tiang utilitas yang masih menghalangi pengguna jalan, Dani tak ingin menyalahkan pihak mana pun atas kondisi tersebut.

Meski begitu, ia membenarkan bahwa proyek pelebaran jalan utama itu merupakan bagian dari program Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDA BMBK) Kabupaten Bekasi.


“Proyeknya memang dianggarkan tahun ini oleh Dinas Bina Marga,” ujar Dani saat meninjau lokasi, Senin (8/8).

Menurutnya, kontraktor (pihak ketiga) sudah melaksanakan tugasnya sesuai dengan yang tertera dalam kontrak perjanjian kerja. Mereka pun harus segera mengerjakan proyek tersebut agar tak menyalahi aturan.


“Sesuai dengan kontrak kerja, pihak ketiga harus segera melaksanakan kewajibannya untuk membangun jalan sesuai dengan jadwal pengerjaannya,” kata Dani.

Namun demikian, kurangnya koordinasi, sehingga menyebabkan proses pemindahan tiang utilitas menjadi terlambat.

Alhasil, tiang listrik yang tadinya berada di atas trotoar yang telah dibongkar itu, kini malah berdiri di tengah jalan, setelah pengerjaan jalan di sisi kiri sudah rampung.

“Ini disebabkan kurangnya koordinasi, karena pengerjaan jalan itu harus melibatkan instansi lain, yakni antara Dinas Bina Marga, PLN dan Telkom. Mungkin ada mekanisme yang harus dilewati dulu.Tapi Alhamdulillah, bisa selesai meski memang ada keterlambatan, karena seharusnya tiang utilitas-nya harus dipindahkan terlebih dahulu, baru dilakukan perbaiki jalan,” terang Dani.

Ia berharap, agar masyarakat bisa melaporkan kepada pihaknya mana kala ada tiang utilitas yang belum juga dipindahkan dalam beberapa hari ke depan.

“Saya harap, masyarakat juga ikut membantu memberikan informasi, jika melihat ada pekerjaan yang belum selesai,” tuturnya.

Pantauan Radar Bekasi, tiang utilitas yang awalnya berada tengah jalan, sudah dipindahkan. Sehingga pengendara bermotor yang hendak melintas, sudah tidak hambatan lagi. Hanya saja, ada kabel utilitas masih berserakan di jalan. (and)