Wisata Danau Cibeureum, Situ Eksotik di Bekasi

Situ Cibeureum yang ada di Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat ini terlihat sunyi. Suasananya rimbun, terbalut pemandangan alam yang eksentrik kala petang datang. Danau Cibeureum memanglah memiliki keelokan alam yang indah dengan menunjukkan panorama alam yang istimewa.

Radarbekasi.id – Danau ataupun situ Cibeureum di Bekasi ialah danau yang mempesona yang memiliki panorama alam yang menawan. Keindahannya sanggup menarik perhatian wisatawan, baik dalam kota ataupun dai luar kota untuk berkunjung.

Bekasi yang terkenal sebagai wilayah pabrik dan perumahan, tampaknya memiliki rekreasi alam yang mempesona. Keindahan serta keelokan danau ataupun situ Cibeureum di Bekasi ini sangat menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya.


Sejarah Asal Mula Danau Cibeureum

Danau yang terbentuk dengan cara natural tersebut memiliki panorama alam yang eksentrik, paling utama apabila dinikmati disaat petang. Airnya yang tenang dan semilir angin sejuk membuat kita nyaman dan betah berlama lama di danau tersebut menjadikan  gabungan yang sempurna untuk bersantai.

Meski perawatan rekreasi Danau masih sederhana, Danau Cibeureum tidaklah begitu buruk sebagai tempat bersantai diri dari banyak kegiatan dan bisingnya perkotaan.


Danau Cibeureum memiliki luas kurang lebih 2 hektar. Sebenarnya, Danau Cibeureum menempati di 2 desa, yakni Desa Lambangjaya dan Desa Lambangsari. Keduanya masih di Kecamatan Tambun Selatan.

Dengan debit air yang banyak, Danau ini semacam oase di wilayah Bekasi yang cukup panas dan kering. Ditambah lagi dengan adanya pepohonan yang hijau mengelilingi Danau tersebut terlihat asri dan alami. Di tengah Danau terdapat bukit kecil yang mempesona, dengan rerumputan dan juga tanaman yang rimbun.

Pulau kecil ini membuat Danau kian indah dipandang. Tidak heran apabila wisatawan mengambil foto maupun video danau tentu mengarahkan kameranya ke pulau kecil itu.

Disaat petang tiba, panorama alam dekat danau kian eksentrik. Langit yang kemerahan memantul di dataran danau membuat suasana jadi lebih sensasional. Saat inilah yang ditunggu- tunggu wisatawan, mereka hendak menikmati langit petang beberapa saat sebelum kembali pulang.

Tidak heran apabila Danau Cibeureum jadi opsi menarik untuk wisatawan yang malas mencari hiburan ke luar kota Bekasi. Memandang paparan air yang besar sudah lumayan membuat perasaan merasa bahagia.

Danau Cibeureum Grand Wisata Bekasi

Situ Cibeureum yang ada di Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat ini terlihat sunyi. Suasananya rimbun, terbalut pemandangan alam yang eksentrik kala petang datang. Danau Cibeureum memanglah memiliki keelokan alam yang indah dengan menunjukkan panorama alam yang istimewa.

Tempat wisata ini ada juga yang menyebutnya Danau Cibeureum Bekasi. Sebab memanglah posisinya berdekatan dengan perumahan Grand Wisata Bekasi.

Terlebih perumahan Grand Wisata lumayan dikenal di Bekasi. Sehingga akan lebih gampang melalui pintu masuk dari perumahan ini, bagi yang baru pertama kalinya mendatangi situ Cibeureum.

Untuk wisatawan yang memakai motor ataupun kendaraan pribadi akan lebih aman. Ada pula tempat parkir yang nyaman lengkap dengan tukang parkir yang bakal melindungi kendaraan kamu.

Sarana Rekreasi Danau

Memasuki lokasi tamasya tidak dipungut bayaran ataupun gratis. Walau seperti itu, tetap disiapkan sarana yang mencukupi untuk wisatawan. Berbagai fasilitas sengaja dibuat oleh pengelola biar kamu betah besantai di Danau ini. Tempat tamasya ini dilengkapi dengan sebagian fasilitas, walhasil membuat kamu puas serta betah di di Danau tersebut.

Sampai sekarang sebagian fasilitas masih terdapat di area situ Cibereum, semacam gubuk bambu, gerai makan, toko cenderamata, tempat parkir, musholla dan juga kamar kecil biasa

Tamasya danau buka tiap hari, pada akhir pekan wisatawan yang tiba semakin banyak, Serta bakal meningkat ramai kala memasuki masa liburan, seperti libur tahun baru maupun Idulfitri.

Tempat Favorit Komunitas Gowes di Bekasi

Danau Cibereum juga menjadi tempat kesukaan komunitas penggemar gowes. Tanah merah yang ada di tepi danau ialah jalur yang sempurna untuk menuangkan kegemaran mereka.

Untuk yang gemar memancing, kamu dapat jalan- jalur sekaligus membawa peralatan memancing. Danau Cibeureum memanglah jadi tempat pemancingan. Danau Cibereum ada beragam ikan air payau, semacam mujair, nila hingga ikan gabus.

Seperti pada umumnya tempat tamasya, di posisi danau terdapat fasilitas yang dapat digunakan wisatawan.

Dan ada gubuk untuk bersantai, kamar kecil, toko buah tangan dan gerai makan. Untuk yang membawa sepeda motor, dapat diparkir di depan gerai. Syaratnya turis harus makan disitu.

Posisi Danau Cibeureum Bekasi

Letak Danau Cibeureum ada di Dusun Lambangjaya, Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat. Berdampingan dengan perumahan elit Grand Wisata. Akses menuju posisi wisata cukup mudah dijangkau. Apabila wisatawan melalui Tol Jakarta– Cikampek, hingga keluarnya di Pintu Tol Tambun. Dan apabila mengenakan Jalan Inspeksi Kalimalang masuk melalui Jembatan Grand Wisata yang ikonik itu.

Sehabis itu ekspedisi dilanjutkan ke arah Grand Wisata. Ikuti jalan utama sampai mentok di pertigaan. Setelah itu belok kiri melalui Jalan Grand Lake Boulevard. Tidak jauh dari pertigaan, berjumpa dengan Jalan Cibeureum di sisi kanan. Masuk ke Jalan Cibeureum tibalah di posisi wisata danau.

Buat memudahkan ekspedisi, tetap maanfaatkan sokongan aplikasi Google Maps. Kemudiannya Google Map hendak memusatkan jalur mengarah posisi sampai hingga di posisi danau Cibeureum. maka, tidak perlu takut setelah datang di Bekasi untuk wisatawan dari luat kota.

Menuju Danau Cibeureum dapat dicoba dengan sepeda motor, mobil pribadi maupun angkutan biasa. Apabila mengenakan perlengkapan transportasi biasa maka turunnya di Jembatan Grand Wisata. Dari jembatan tersebut, kemudian petualangan dilanjutkan dengan memakai ojek.

Legenda Danau Cibeureum Bekasi

Salah satu daya tarik dari tamasya di Kabupaten Bekasi ini ialah adanya cerita sejarah siluman buaya putih. Dari cerita misteri masyarakat yang tumbuh, siluman itu menghuni kerajaan makhluk halus di bawah danau. Terdapat pekerja yang dahulu sempat membangun perumahan di dekat danau, berkata kalau mereka melihat penampakan buaya putih itu.

Warga di dekat tempat situ cibeureum pula mengatakan perihal yang sama. Cerita tersebar di tengah masyarakat, inilah yang membuat banyak orang jadi penasaran dan berkunjung ke danau Cibeureum.

Tidak cuma dongeng buaya putih, terdapat pula cerita misteri yang tersebar di situ, yaitu letak penemuan mayat. Sebab, beberapa tahun yang silam pernah ditemukan mayat di danau. Walhasil walaupun lebar danau terus jadi kecil, tetapi tamasya ini tetap jadi lokasi favorit.

Sesudah kamu puas menikmati liburan di danau Cibeureum kamu bisa mendatangi tempat wisata yang lain di Bekasi. Bekasi masih mempunyai sebagian wisata danau yang lain salasatunya yakni Taman Limo. Taman limo pula merupakan tempat wisata selain mempunyai taman yang rindang juga terdapat danau. Danau di Taman Limo dilengkapi dengan bebek gowes yang layak kamu coba. (dik)