Berita Bekasi Nomor Satu

Kandang Berisi Ribuan Ekor Ayam Ludes Terbakar

RATA DENGAN TANAH: Kandang ayam di peternakan milik warga rata dengan tanah usai terbakar, di Kampung Babakan Rengas, Desa Karangsegar, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Kamis (15/9). IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ribuan ayam dari tiga kandang di peternakan milik warga Kampung Babakan Rengas, Desa Karangsegar, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, ludes terbakar, Kamis (15/9).

Akibatnya, ada 4.000 ayam ternak yang berada di dalam kandang hangus terbakar. Api diduga berasal dari hubungan arus pendek blower yang terpasang di kandang ayam.

“Ada tiga kandang ayam yang hangus terbakar. Diduga, api berasal dari hubungan arus pendek blower yang terpasang di peternakan tersebut,” ujar Komandan Pleton Dinas Damkar Kabupaten Bekasi, Salimi, kepada Radar Bekasi, Kamis (15/9).

Dia memastikan tidak ada korban jiwa dan luka-luka akibat kejadian ini. Karena lokasi kandang ayam tersebut berada jauh dari pemukiman warga.

Kandang ayam yang terbuat dari bahan mudah terbakar ini, membuat api cepat membesar. Tiga unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan berhasil memadamkan api setelah sekitar tiga jam melakukan pemadaman.

Dalam proses pemadaman api, pihaknya sempat mengalami kesulitan. Pasalnya, kondisi sumber air yang jauh dari lokasi. Sehingga pemadaman api cukup membutuhkan waktu yang lama. Terlebih yang terbakar kayu dan laburan (terpal) yang memang sangat mudah terbakar. Alhasil api terus membesar.

“Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 09:30 WIB. Karena bahan-bahan di lokasi sangat mudah terbakar, terbuat dari bambu dan ada terpal,” ucapnya.

Sementara pemilik peternakan ayam, Sudirman (63) menderita kerugian mencapai ratusan juta, karena ribuan ayam ternaknya hangus terbakar. (pra)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin