Sempat Tinggalkan Bulu Tangkis

Ryan Rahma Zaky

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Siswa SMKN 15 Kota Bekasi bernama lengkap Ryan Rahma Zaky ini sejak kecil cukup aktif dalam olahraga Bulu Tangkis. Namun remaja berusia 17 tahun ini sempat meninggalkan olahraga itu karena tak kunjung meraih prestasi, lalu beralih menggeluti Bola Voli.

Di Bola Voli, remaja yang akrab disapa Ryan ini berhasil mendapatkan prestasi yang cukup membanggakan. “Perjalanan saya itu cukup panjang dan gak mulus gitu aja, saya kelas 3 SD sampai 5 SD itu aktif banget ikut olahraga Bulu Tangkis, tapi saat itu saya tidak kunjung mendapatkan prestasi apapun sampai akhirnya saya memutuskan untuk beralih ke olahraga Bola Voli,” ungkap Ryan.


Dari olahraga Bola Voli, Ryan berhasil meraih beberapa juara dalam kompetisi yang diikutinya. Namun hal tersebut tidak berlangsung lama. Di pertengahan jalan saat dirinya duduk dibangku SMP tim Bola Volinya dibubarkan.

“Waktu SD kelas 6 sampai kelas 7 semester 1 saya aktif di Bola Voli, tapi itu gak berlangsung lama karena tim saya bubar. Dan dari situ saya berniat kembali untuk melanjutkan hobi saya di olahraga Bulu Tangkis,” tuturnya.


Setelah kembali memutuskan menggeluti Bulu Tangkis, Ryan berhasil meraih sejumlah prestasi. “Alhamdulillah dari yang tidak memiliki prestasi apapun, terus memutuskan untuk vakum. Sekarang ini dengan keputusan yang didukung orangtua untuk kembali aktif lagi saya berhasil meraih sejumlah prestasi,” ucapnya.

Prestasi Bulu Tangkis yang berhasil didapatkan antara lain juara 2 Zhaforst Ibnu Hajar School Ganda Putra 2019, juara 1 Ganda Putra yang diadakan oleh Kota Tangerang 2020, dan juara 3 ganda putra di Jakarta Timur 2022.

“Saya berharap ini menjadi awal yang baik. Karena kebetulan ayah saya juga pemain Bulu Tangkis, jadi saya ingin membuat bangga beliau yang juga sebagai pemain Bulu Tangkis,” ucapnya.

Saat ini dirinya aktif di klub Adimas. Latihan rutin dilakukan empat sampai lima kali dalam seminggu. Ia berharap akan lebih banyak kompetisi yang diikutinya. (dew)