Berita Bekasi Nomor Satu

Mahasiswa Unisma Bekali Siswa SDN Kutamukti 1 Keterampilan Public Speaking

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Keterampilan Public Speaking atau berbicara di depan umum, mesti dilatih sejak dini. Pasalnya, tidak semua orang memiliki kemampuan berbicara didepan umum. Padahal, keterampilan ini sangat penting dimiliki oleh setiap orang.

Melihat pentingnya keterampilan tersebut, mahasiswa KKN Unisma Bekasi membekali siswa SDN Kutamukti 1 keterampilan berbicara dengan baik dan benar. Diharapkan, keterampilan ini bisa menjadi bekal ketika mereka dewasa nanti.

“Saya sangat setuju dengan diadakannya program pelatihan public speaking ini, karena yang saya lihat masih banyak anak kelas 6 yang masih malu jika berbicara di depan kelas,” kata salah satu guru SDN Kutamukti 1, Ibu Enok.

Public speaking sangat penting untuk dimiliki oleh seseorang. Dengan kemampuan berbicara di depan umum tentunya dapat meningkatkan personal branding pada diri seseorang yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Pelatihan dibuat dengan cara sederhana dan menyenangkan, yakni yaitu berupa pemberian teks pidato dan sebuah puisi. Setiap siswa diminta untuk membacakan teks pidato di depan teman-temannya dan para guru.

Selain itu juga, siswa diberikan kebebasan menggambar sesuai keinginan mereka, yang nanti akan diceritakan apa makna dari gambar yang mereka gambar di depan teman-teman kelas, hal tersebut dapat melatih kecerdasan siswa dan siswi dalam hal public speaking.

Lalu untuk sesi terakhir, kegiatan evaluasi sebagai bentuk respon siswa dan siswi terhadap peserta KKN yang mengajarkan dan melatih Public Speaking, untuk anak siswa -siswi lebih berani berbicara di depan kelas dengan baik dan benar, serta dapat mengutarakan pendapat ataupun tanggapan terkait suatu persoalan.

“Public speaking sangat penting untuk dipelajari dari sejak usia dini, karena disini kakak akan melatih kepercayaan diri kalian semua, mulai dari berbahasa dengan baik dan juga meningkatan kepercayaan diri, tentunya akan mempermudah kita jika suatu saat adik-adik mendapatkan kesempatan untuk mengutarakan suatu pidato di depan banyak orang,” ujar salah seorang mahasiswa KKN Unisma Bekasi, Abdel Achryan.

Abdel juga mengucapkan terima kasih kepada siswa dan siswi yang telah hadir, dikarenakan peserta yang hadir sangat antusias dalam mempelajari serta memahami kegiatan tersebut. “Saya berharap dalam kegiatan ini dapat membantu siswa dalam meningkatkan kualitas Public Speaking di Usia dini dengan baik dan benar. “tandasnya. (mif/abdel)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin