4 Cara Murah Mencegah Diabetes

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Konsumsi makanan manis atau mengandung kadar gula, bila sesuai porsinya sangat dibutuhkan bagi tubuh.


Konsumsi kadar gula yang berlebihan berpotensi menimbulkan penyakit, salah satunya Diabetes.

“Mengkonsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan risiko Diabetes karena dampak kandungan fruktosanya. Asupan tinggi fruktosa dapat meningkatkan risiko terjadinya perlemakan hati, peradangan, dan resistensi insulin lokal,” ungkap Perawat di RSUD Wisma Asri, Anindita Dyah Pitaloka.


Konsumsi normal makanan berkadar gula dapat mengikuti Permenkes Nomor 30 Tahun 2013. Konsumsi gula per orang per hari adalah 10% dari total energi (200kkal). Ini setara dengan gula 4 sendok makan orang per hari atau 50 gram per orang per hari.

Berikut 4 cara murah mencegah Diabetes:

1. Batasi Makan dan Minum yang Berkadar Gula

Membatasi konsumsi makanan berkadar gula salah satu cara jitu mencegah Diabetes.

Walaupun begitu, tidak dapat dipungkiri jika tubuh tetap membutuhkan kadar gula untuk meningkatkan energi dan fungsi otak.

Jika ingin mengonsumsi makanan dan minuman berkadar gula harus sesuai dengan anjuran kesehatan.

2. Menjaga Berat Badan

Memiliki berat badan ideal merupakan salah satu cara mencegah Diabetes di kemudian hari. Kelebihan berat badan menjadi salah satu faktor utama Diabetes.

3. Rutin Olahraga

Aktivitas fisik, termasuk olahraga yang menurunkan kadar gula darah perlu dilakukan secara rutin. Ini dapat dijadikan sebagai cara ampuh mencegah Diabetes.

4. Banyak Minum Air Putih

Mencegah Diabetes dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi minuman manis, seperti soda, minuman energi, dan jus buah kemasan. Baiknya beralih minum air putih.

Demikian 4 cara murah menghindari Diabetes. (mg4)