Berita Bekasi Nomor Satu

Terbakar, Kubah Masjid Islamic Center Jakarta Utara Ambruk

Kebakaran terjadi pada Masjid Jakarta Islamic Center di Jalan Kramat Jaya, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, Rabu 19/10) sore. (Istimewa).

 

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Kapolres Jakarta Utara Kombes Pol Wibowo mengatakan bahwa kubah Masjid Jakarta Islamic Center (JIC), Koja, Jakarta Utara, yang terbakar ambruk ke lantai dua dan tiga. Hal itu terjadi setelah kubah tersebut terbakar.

“Jadi kubahnya ambruk. Kubahnya saja yang terbakar, ambruk ke lantai 2 dan lantai 3,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (19/10).

Namun begitu, ia memastikan bahwa bagian yang terbakar dari masjid tersebut hanya kubah saja dan tidak melebar ke bagian masjid yang lainnya. “Jadi hanya kubah saja. Kebakaran tidak melebar ke mana mana,” tegasnya.

Sebelumnya, Menurut Kasat Intelkam Polres Metro Jakarta Utara AKBP Slamet Wibisono Yanto, kejadian tersebut terjadi lantaran percikan api akibat dari renovasi yang tengah dilakukan pada kubah masjid tersebut. “Empat orang saksi sebagai pekerja dari PT. Dwi Agung Sentosa Pratama sedang melakukan renovasi atap kubah Masjid Islamic Center,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (19/10).

Slamet menceritakan, renovasi tersebut menggunakan bahan triplex yang pada saat ingin memasang triplex atap Kubah Masjid, para saksi mengaku melelehkan membran (aspal gulung) untuk menempelkan bahan tersebut menggunakan alat bakar. “Diduga percikan dari alat bakar mengenai glasbul sampai timbulnya api,” jelasnya.

Setelah api muncul, saksi sempat berupaya berupaya memadamkan api dengan menggunakan apar, namun api semakin membesar dan akhirnya kubah Masjid Islamic keseluruhan terbakar.

“Kemudian datang sembilan unit Damkar yang dipimpin Eko Budiyanto melakukan penanganan kebakaran,” ucapnya. (jpc)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin