Hati-Hati! 70 CCTV Intai Aktivitas Warga Bekasi di Jalan Raya, Idealnya Butuh 500 CCTV

Sebanyak 70 CCTV di Kota Bekasi memantau aktivitas warga di jalan raya.

 

RADARBEKASI.ID, MEDANSATRIA – Aktivitas warga Bekasi di sejumlah fasilitas publik terpantau kamera CCTV. Sedikitnya ada 70 kamera CCTV yang terpasang dan siap mengintai seluruh aktivitas warga di sudut-sudut jalan di Kota Bekasi.


70 CCTV yang ada itu merupakan hasil kerjasama dari Pemerintah Kota Bekasi, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan pihak swasta, pengembang Summarecon.

KApolres Metro Bekasi Kombes Pol Hengki mengklaim puluhan CCTV tersebut sudah terkoneksi ke Polres Metro Bekasi. “70 Cctv tersebut sudah terkoneksi dengan Media Center Polres Metro Bekasi Kota. Dan itu terekam semua aktivitas masyarakat, termasuk untuk memantau gangguan Kamtibmas,” kata Hengki kepada awak media, Kamis (3/11).


Lanjut dia, dengan adanya CCTV yang ada itu bisa menjadi semangat yang baru. Dalam mengantisipasi dalam gangguan Kamtibmas dan pantauan lalulintas yang ada.

Kapolres mengaku, untuk penambah CCTV dirinya sudah sampaikan di saat Musrenbang kepada Ketua DPRD Kota Bekasi dan Plt Wali Kota Bekasi. Permintaannya hanya satu untuk menambah CCTV di Kota Bekasi.

Menurutnya, jumlah ideal untuk memantau seluruh aktivitas masyarakat di Kota Bekasi, harus memiliki 500 CCTV. Meski begitu, jumlah 70 CCTV yang ada akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Mudah-mudahan ajuan kita untuk tambahCCTV. Di tahun 2023 CCTV di Kota Bekasi bisa ditambah agar lebih maksimal,” ucapnya.

Selain CCTV, pos-pos pantau pun akan dibangun di setiap perbatasan baik di perbatasan Kota Bekasi dengan DKI Jakarta dan Kota Bekasi dengan Kabupaten Bekasi.

“Saya sudah komunikasi dengan Kapolsek Medansatria untuk dirikan pos pantau dan juga di wilayah Polsek-polsek lainnya,” imbuhnya lagi.

Untuk penjaga di pos pantau akan dijaga oleh Babinkamtibmas, Pokdar Kamtibmas dan Babinsa yang ada untuk berjaga di pos pantau. Mereke bertugas, terutama di jam-jam rawan termasuk malam Sabtu dan malam Minggu. Maupun hari-hari biasa lainnya.

“Intinya kita akan maksimalkan. Baik CCTV maupun pos pantau yang ada untuk menjaga ketertiban masyarakat Kota Bekasi,” tukasnya. (pay)