Berita Bekasi Nomor Satu

P2M Dosen Prodi Pendidikan Biologi UNJ, Beri Pelatihan Kurikulum Merdeka

PELATIHAN: Guru mengikuti pelatihan Kurikulum Merdeka yang diberikan oleh dosen Prodi Pendidikan Biologi FMIPA UNJ di STI Ulil Albab. ISTIMEWA  

RADARBEKASI.ID, BEKASI Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) memberikan pelatihan Kurikulum Merdeka kepada guru dan siswa SMP/SMA Kabupaten Bekasi. Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (P2M) bertajuk “Pengembangan Kompetensi Guru dan Siswa SMP/SMA dalam Rangka Implementasi Kurikulum Merdeka” ini berlangsung pada 13 Agustus 2022 di Sekolah Islam terpadu (SIT) Ulil Albab Cibitung Kabupaten Bekasi.

Kegiatan P2M ini terselenggara atas kerjasama Program Studi Pendidikan Biologi (S1) dan Magister Pendidikan Biologi (S2), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNJ dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah III, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP Kabupaten Bekasi,  MGMP Biologi SMA Kabupaten Bekasi, Penerbit Erlangga, dan STI Ulil Albab Cibitung Kabupaten Bekasi.

Tujuan dari kegiatan P2M ini adalah meningkatkan kompetensi guru dan siswa dalam rangka implementasi Kurikulum Merdeka. Peserta kegiatan meliputi guru IPA SMP, guru Biologi SMA, siswa SMP, dan siswa SMA negeri dan swasta di Kabupaten Bekasi. Kegiatan dibuka oleh Pengawas Pembina SMA mewakili Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III.

Dalam sambutannya, Masduki mengusulkan agar kegiatan P2M ini dapat dilaksanakan secara rutin. “Kita bisa kembangkan kegiatan ini untuk guru melalui kerjasama dengan Dinas Pendidikan atau Kantor Cabang Dinas Pendidikan,” ujar Masduki.

Narasumber dan materi yang disajikan antara lain, Yulilina Retno Dewahrani, untuk membahas Introduser Eco Enzyme sebagai Alternatif Praktikum IPA dalam mengatasi Limbah Sampah Domestik. Pada kesempatan ini Mieke Miarsyah menyampaikan materi Pemanfaatan Sampah Organik. Rusdi, menyampaikan materi Pembuatan Pakan Ternak Lele Berbasis Potensi Pakan Lokal. Diana Vivanti, membahas Edukasi Pemilahan dan Pembuatan Produk Daur Ulang Sampah.

Kemudian, Elsa Lisanti membahas materi Pemanfaatan Kedelai Lokal Unggul Iradiasi Gamasugen. Selanjutnya, Ade Suryanda, menyampaikan materi Peningkatan Kualitas Pengajaran Biologi SMA Melalui Kegiatan Simulasi dengan Penggunaan Media Sederhana. Ratna Dewi Wulaningsih, menyampaikan materi Teknik Evaluasi Pembelajaran.

Lalu Refirman Djamahar, menyampaikan materi Keterampilan Penilaian Autentik sebagai Paradigma Baru Pembelajaran Biologi Berdiferensiasi. Nurmasari Sartono, menyampaikan materi Keterampilan Pembuatan Media Pembelajaran Non Proyeksi bagi Guru SMA Bidang Studi Biologi. Rizhal Hendi Ristanto, menyampaikan materi Rekonstruksi Literasi Jurnal Guru Biologi: Geliat Publikasi dan Reformulasi Hasil Riset pada Pembelajaran.

Daniar Setyo Rini, menyampaikan materi Mobile Augmented Reality Berbasis Sistem Android. Supriyatin menyampaikan materi Peningkatan Pemahaman Konsep Metabolisme. Rahmi Aulya, menyampaikan materi Pendalaman Materi bagi Guru Biologi Tingkat SMA/MA sebagai Upaya Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Fotosintesis. Annisa Wulan Agus Utami, menyampaikan materi Penerapan Bioteknologi Mikroba dan Perannya dalam Kehidupan di Lingkungan Sekolah. Eka Putri Azra’i, menyampaikan materi  Peningkatan Keterampilan Siswa SMA dalam Pengolahan Limbah di Lingkungan Sekolah dan Rumah sebagai Bahan Pupuk Organik Cair.

Kegiatan P2M ini mendapat sambutan baik dari Guru SMAN 1 Cikarang Selatan sekaligus Ketua MGMP Biologi SMA Kabupaten Bekasi Iis Nuraenah. Ia mengucapkan terimakasih banyak atas dilaksanakannya P2M ini.

Menurutnya, miskonsepsi tentang Biologi di kalangan guru banyak yang diklarifikasi, acaranya rapi, tempat nyaman, ada peningkatan kompetensi guru Biologi dan guru IPA.

“Acara ini sangat bagus, materinya juga sangat up to date. Semoga kedepannya masih terus ada kegiatan yang jelas memberikan kebermanfaatannya kepada bapak atau ibu guru serta siswa dan dunia pendidikan di Kabupaten Bekasi,” ucapnya. (pra/pms)

CATATAN

Redaksi telah menambahkan kalimat dalam berita ini karena permintaan narasumber.

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin